Kesehatan

Gotong Royong Dusun Jabung Antar Lansia Ikuti Vaksinasi Covid-19

Oleh : Trida Ch Dachriza / Rabu, 14 April 2021 21:30
Gotong Royong Dusun Jabung Antar Lansia Ikuti Vaksinasi Covid-19
Kepala Dusun Jabung, Anjar Wahyu Santoso (berbatik) bersama warga lansia dari Dusun Jabung saat mengikuti vaksinasi Covid-19 di RSUD Sleman, Rabu (14/4)/dok.Humas Pemkab Sleman.

Gudeg.net—Pendaftaran vaksinasi Covid-19 secara daring menjadi momok bagi banyak lansia di Yogya. Banyak dari mereka yang tidak melek teknologi layaknya anak muda.

Hal ini membuat vaksinasi Covid-19 untuk lansia cukup terhambat karena banyak yang tidak mengerti cara mendaftar. Padahal, lansia merupakan salah satu golongan rentan yang harus segera mendapat vaksinasi.

Melihat fenomena ini, warga Dusun Jabung, Pandowoharjo, Sleman bergotong royong memboyong lansia di areanya agar dapat mengikuti vaksinasi di RSUD Sleman. Sejumlah 63 lansia Dusun Jabung mengikuti vaksinasi ini.

“Saya selaku bapak Dukuh mendengar keluhan warga saya. Saya meminta bantuan bapak RT untuk mendata warga lansia setiap RT masing-masing dan meminta fotokopi KTP dan setelah itu dikumpulkan ke tempat saya dan saya daftarkan sendiri,” ujar B. Anjar Wahyu Santoso, kepala Dukuh Dusun Jabung saat dihubungi Gudegnet, Rabu (14/4).

Sebelumnya, menurut Anjar, warga sering kali menanyakan apa itu vaksin dan keuntungan vaksin. Anjar dan jajarannya membantu untuk menjelaskan secara perlahan jika bertemu lansia di depan rumah atau saat di jalan.

Setelah sosialisasi tersebut, banyak lansia ingin ikut mendaftar mengikuti vaksinasi. Namun, mereka terkendala birokrasi pendaftaran.

Setelah data terkumpul, berikutnya muncul permasalahan transportasi karena tidak semua lansia hidup bersama keluarganya. Warga lalu bersama dengan lembaga dusun membawa lansia yang tidak dapat ke RSUD secara mandiri.


Salah satu lansia dari Dusun Jabung mendapat vaksin di RSUD Sleman/dok.Humas Pemkab Sleman

Sesampainya di RSUD Sleman, Anjar sudah menyiapkan Ketua Gugus Covid Jabung dan orang-orang dari lembaga dusun untuk membantu mengarahkan para lansia tersebut.

“Ada yang membantu mengisikan form, mengarahkan langkah-langkah ruangan dari pendaftaran, check up, ruang vaksin,” kata Anjar lagi.

Untuk menghormati inisiatif warga dalam melestarikan budaya gotong royong dan membantu para lansia, RSUD Sleman menyiapkan penjadwalan khusus bagi vaksinasi Covid-19 lansia yang dikoordinir secara kolektif oleh warga.

Dengan penjadwalan vaksinasi khusus tersebut, diharapkan seluruh lansia dapat turut serta dalam vaksinasi dan lebih nyaman menjalani vaksinasi.

“Dusun Jabung layak menjadi contoh bagaimana masyarakat suatu dusun sederhana bergotong royong melawan wabah Covid-19,” ujar Direktur RSUD Sleman Cahya Purnama.

Cahya juga mengimbau, jika area lain ingin mendaftarkan lansia di daerahnya dapat menghubungi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD Sleman di https://rsudsleman.slemankab.go.id/ atau datang langsung ke RS.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM



    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini