Berita

Ribuan Takjil Dibagikan, Masjid Jogokariyan Diserbu Warga

Oleh : Rahman / Rabu, 14 April 2021 19:40
Ribuan Takjil Dibagikan, Masjid Jogokariyan Diserbu Warga
Warga saling berebutan mendapatkan takjil berupa nasi kotak untuk berbuka puasa di Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, Rabu (14/4)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Masjid Jogokariyan didatangi ribuan orang pada saat mendekati waktu berbuka puasa, pasalnya pihak masjid menyediakan ribuan takjil kepada setiap orang yang datang.

Ada sekitar 2000 lebih takjil berupa nasi kotak lengkap dengan lauk pauk disiapkan oleh panitia untuk dibagikan kepada masyarakat yang datang setiap harinya.

Dari pantauan Gudegnet, warga mulai memadati sekitar masjid pada pukul 16.30 WIB.  Dari sekadar mencari makanan pembuka puasa atau takjil di Pasar Ramadan Jogokariyan (KRJ) hingga khusus datang untuk berbuka puasa di masjid.

“Kami siapkan sekitar 2000 paket makanan berbuka puasa bagi masyarakat yang datang ke masjid untuk berbuka puasa,” ujar Ketua Panitia KRJ Muhammad Syafik Hamzah di Masjid Jogokariyan, Rabu (14/4).

Untuk menghindari kerumunan pada saat membagikan takjil, panitia telah membagi dua tempat yang berbeda antara laki-laki dan perempuan.

Selain itu juga telah disediakan sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan Covid-19, mulai dari handsanitizer, bak pencuci tangan di sejumlah titik hingga penjagaan yang ketat.

Namun hal tersebut tidak dapat membendung antusiasme masyarakat untuk memperebutkan takjil dari panitia. Menjelang waktu berbuka, masyarakat mulai berdesak-desakan di bagian pintu masuk masjid, dimana lokasi panitia membagikan takjil.

“Kami sudah mengatur alur saat pembagian takjil, mbudaknya warga yang datang sulit dibendung. Tapi panitia tidak akan memberikan takjil kepada warga yang tidak memakai masker,” jelasnya.

Karena membludaknya warga yang datang, membuat pelaksanaan salat maghrib meluber sampai ke jalan di sekitar masjid. Untuk itu panitia sempat menutup ruas jalan di sekitar bagian depan masjid agar dapat digunakan untuk salat berjamaah.

Sedangkan untuk pelaksanaan KRJ, panitia telah memberikan sejumlah peraturan, di antaranya pedagang harus menerapkan prokes, wajib bermasker baik pedagang maupun pembeli.

Selain itu, panitia juga melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada saat seluruh pedagang telah menutup lapaknya pukul 18.30 WIB.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM



    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini