Tips Hari Ini

Tips Merawat Kacamata Agar Tidak Cepat Rusak

Oleh : Trida Ch Dachriza / Senin, 07 Juni 2021 23:35
Tips Merawat Kacamata Agar Tidak Cepat Rusak

Gudeg.net—Kacamata bukan hanya sekadar fashion statement. Alat ini juga utamanya adalah alat bantu bagi mata yang perlu dikoreksi untuk dapat melihat dengan jelas. Rentang harganya pun sangat lebar, dari yang puluhan ribu, hingga puluhan juta.

Berapapun harganya, tentunya kita ingin kacamata kita bertahan lama, bukan?  Ini cara merawat kacamata lansiran America’s Best agar bertahan lebih lama.

#1 Bilas
Selalu bilas kacamata dengan air sebelum menyeka atau membersihkannya. Partikel kecil debu atau kotoran dapat menempel di lensa. Jika diseka, debu ini akan menggores lensa.

#2 Semprot dengan hati-hati
Jika kita akan menggunakan bahan kimia, gunakan semprotan atau pembersih yang khusus dibuat untuk membersihkan lensa kacamata.

Jangan pernah menggunakan pembersih rumah tangga, karena amonia yang biasanya ada di cairan pembersih akan merobek lapisan apa pun yang ada di lensa.

#3 Air-dry
Jika bisa, biarkan kacamata mengering sendiri. Ini adalah cara untuk mencegah bahan apa pun menempel dan menggores lensa. Jika tidak dapat mengeringkannya dengan udara, bersihkan dengan kain lembut, bersih, dan tidak berbulu.

#4 Gunakan Kain yang Tepat

Jangan menggunakan handuk kertas (paper towel), tisu, atau serbet untuk mengeringkan lensa. Semua bahan ini, walaupun terasa sangat lembut, memiliki permukaan bertekstur dan dapat dengan mudah menggores lensa.

Jangan menggunakan baju. Jika pakaiannya tidak 100% katun, serat pada kain akan menggores lensa kacamata seiring waktu. Pakaian juga dapat memiliki kotoran di atasnya, yang berarti residu akhirnya berpindah ke lensa.

#5 Genggaman

Pegang bingkai kacamata dengan mencengkeram bagian yang melintasi hidung. Ini akan mencegah kita membengkokkan bingkai secara tidak sengaja saat dibersihkan.

Kacamata bengkok dapat berdampak negatif pada cara kita melihat dari kacamata. Selain itu, jika bingkai/frame bengkok, kacamata cenderung terasa tidak nyaman.

#6 Simpan dengan Benar

Simpan kacamata saat tidak dipakai. Ini tidak hanya melindungi kacamata dari kotoran, tetapi juga melindungi kacamata agar tidak tergores, bengkok, atau pecah.

Jika tidak suka kotak kacamata, kantong microfiber juga bagus untuk disimpan di meja kantor atau di nakas untuk kacamata yang tidak selalu dipakai, seperti kacamata baca misalnya.

#7 Letakkan dengan hati-hati
Jangan meletakkan kacamata dengan lensa menghadap bawah karena akan menggores lensa.

#8 Sering dicuci
Mencuci kacamata setidaknya sekali sehari akan menjaga lensa dalam kondisi optimal. Semakin bersih kacamata, semakin sedikit mata kita harus tegang untuk melihat melalui noda, kotoran, dan debu.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini