Seni & Budaya

Festival Purbakala III Majukan Gilangharjo Sebagai Bagian Asal-usul Kraton Mataram

Oleh : Trida Ch Dachriza / Kamis, 10 Juni 2021 18:30
Festival Purbakala III Majukan Gilangharjo Sebagai Bagian Asal-usul Kraton Mataram

Gudeg.net—Festival Purbakala III akan diadakan di Kalurahan Gilangharjo, Pandak, Bantul pada tanggal 14 Juni 2021. Penyelenggaran ini merupakan upaya bersama untuk merawat dan menjaga nilai-nilai yang telah diletakan oleh para pendahulu.

“Pemilihan Kalurahan Gilangharjo menjadi tempat penyelengaraan festival lebih didasari bahwa di Kalurahan Gilangharjo terdapat situs Watu Gilang. Dengan festival ini, harapannya generasi muda akan memahami benang merah sejarah dari masa lalu untuk merancang masa depan,” ujar Sigit Sugito, penggagas festival ini saat berukar pesan dengan Gudegnet, Kamis (10/6).

Gilangharjo menjadi penting sebagai bagian dari sejarah berdirinya “Kraton Mataram”. Situs “ Selo Gilang” sebagai penanda yang diyakini menjadi tempat turunnya wahyu Mataram.

Sigit menambahkan, ke depannya, perlaksanaan festival ini akan difokuskan ke kalurahan-kalurahan yang ada di DI Yogyakarta. Pelaksanaan festival ini juga, menurut Sigit, akan mengangkat potensi kalurahan-kalurahan tersebut.

Lurah Kalurahan Gilangharjo Pardiyono berharap, pelaksanaan Festival Purbakala ini akan menjadi bagian untuk mempromosikan potensi yang ada di Kalurahan Gilangharjo.

Di acara ini, kita akan menemukan berbagai agenda seperti pertunjukan seni tradisi, pembacaan puisi, dan diskusi. Pembicara di diskusi ini ada KPH Wironegoro, Maria Widi dari Komunitas Kandang Kebo, serta Satriya Wibawa dari Institute KaHaDe.

“Spirit kebudayaan membuka ruang untuk memunculkan keragaman identitas dan segala manisfestasi ekspresif,” kata Sigit lagi.

Spirit ini juga memberi ruang untuk bertemunya antarkomunitas, antarkelompok dan membuka ruang dialog untuk menghasilkan karya-karya kreatif yang berbasis lokalitas.

Acara ini dapat disaksikan secara virtual melalui kanal YouTube resmi Lemah Teles Official pada pukul 10.00 WIB.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM



    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini