Seni & Budaya

Yuliani Kumudaswari Akan Luncurkan ''Kembang Belukar'' di Sastra Bulan Purnama

Oleh : Trida Ch Dachriza / Kamis, 22 Juli 2021 11:00
Yuliani Kumudaswari Akan Luncurkan ''Kembang Belukar'' di Sastra Bulan Purnama
Yuliani Kumudaswari saat membacakan puisi di salah satu episode di Sastra Bulan Purnama/dok.SBP

Gudeg.net—Penyair asal Semarang, Yuliani Kumudaswari, akan meluncurkan buku puisinya yang berjudul “Kembang Belukar” di Sastra Bulan Purnama (SBP)  edisi 118 yang ditayangkan secara daring pada Sabtu (24/7). 

Dalam acara pembacaan puisi ini, Yuliani akan membacakan beberapa puisi yang ditulisnya. Selain Yuliani, beberapa nama lain akan turut membacakan puisi dari “Kembang Belukar”.

“Sejak buku puisinya yang pertama, sampai buku puisi yang sekarang diluncurkan ini, Yuliani sudah mulai terlihat tidak tergesa menulis puisi, selalu melalui proses perenungan sebelum dia menuliskan,” ujar koordinator Sastra Bulan Purnama Ons Untoro dalam keterangan tertulis yang diterima Gudegnet, Minggu (18/7).

Ons  telah mengikuti pertumbuhan kepenyairan Yuliani sejak ia belum menerbitkan buku puisi hingga akhirnya ia menerbitkan buku setiap tahunnya. Yuliani telah menulis puisi sejak ia tinggal di Medan.

Ons bercerita, Yuliani menulis puisi tidak untuk mengejar predikat penyair, tetapi lebih sebagai ruang ekspresi, dan predikat penyair mengikuti setelah produktivitasnya terbukti.

Menurutnya, melihat perkembangan puisi Yuliani sangat menyenangkan. Ia memiliki seleksi kata yang teliti.

Pembaca dari luar kota terdiri dari Rita Ratnawulan, Restia Herdiana (Jakarta), dan Ismael Daeng Sannang (Bali).

Sedangkan pembaca yang berasal dari Yogya seperti Eko Winardi, Yantoro, Ninuk Retno Raras, Nunung Rieta, Endah Sr, Tedy Kusairi, Sashmytha Wulandari, Octo Noor Arafat, Chacha Baninu, dan Tosa Santosa.

Buku puisi ini merupakan karya tunggalnya yang keenam. Puisi-puisinya juga dipublikasikan di media cetak dan media daring, serta dalam antologi puisi bersama sejumlah penyair lainnya.

Sejak pandemi melanda, SBP yang biasanya diadakan di Tembi Rumah Budaya kini dialihmediakan mejadi daring dengan tajuk “Poetry Reading From Home”.

Pembacaan puisi sekaligus peluncuran buku ini dapat disaksikan hari Sabtu, 24 Juli 2021 pukul 19.30 WIB di kanal YouTube SBP.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini