Berita

Keren! Yogya Miliki Tempat Parkir Compact

Oleh : Rahman / Selasa, 14 September 2021 11:07
Keren! Yogya Miliki Tempat Parkir Compact
Petugas membawa motor untuk dinaikan ke salah satu lantai yang berada di parkir bertingkat atau Compact Motorcycle Storage (CMS) di Jalan Ahmad Dahlan, Kota Yogyakarta, Selasa (14/9)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Yogyakarta kini memiliki fasilitas parkir kendaraan roda dua (motor) satu-satunya dengan konsep bertingkat yang terletak di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Kota Yogyakarta

Parkir bertingkat ini berada tepat di depan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta dengan nama Compact Motorcycle Storage (CMS) atau Penyimpanan Sepeda Motor Ringkas.

CMS yang merupakan satu-satunya di Kota Yogyakarta bahkan DIY ini menggunakan sistem hidrolik dan terdiri dari delapan lantai dengan kapasitas penyimpanan sekitar 300-400 motor.

Setiap lantai terdiri dari dua baris, kiri dan kanan. Untuk satu lantai dapat diisi maksimal sekitar 40 motor dalam satu kali parkir.

“Jadi dua baris ini kita bagi, satu baris kanan 20, baris kiri 20. Tapi itu tergantung besar kecilnya motor, andai ada yang besar maksimal satu baris hanya diisi 18 motor saja,” ujar salah satu Operator CMS, Muhammad Anam saat ditemui di lokasi CMS, Selasa (14/9).

CMS didirikan pada gedung cagar budaya milik Pemerintah Kota Yogyakarta yang terdiri dari dua bangunan, yaitu bangunan utama cagar budaya dan bangunan parkir bertingkat.

Bangunan utama cagar budaya tidak mengalami perubahan apapun karena dilindungi, sedangkan bangunan parkir hanya memasang konstruksi baja tanpa merubah struktrur bangunan aslinya.

“Jadi, bagian depan cagar budaya, tidak ada perombakan sama sekali karena memang dilarang dan belakang kita buat penghubung untuk dapat masuk ke dalam parkiran tingkat. Intinya tidak merombak keaslian gedung,” jelasnya

Dari pantauan Gudegnet, konstruksi baja untuk lahan parkir terlihat sangat kokoh dan kabel sling baja hidrolik yang digunakanpun cukup besar serta berlapis dua.

CMS juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni, mengunakan sistem sensor yang diletakan pada bagian dasar lantai.

Sensor terhubung dengan komputer dan berfungsi untuk menghentikan laju rel pengangkut motor naik turun bila terjadi hal yang tidak diinginkan.  

“Bila terjadi sesuatu hal maka sensor ini yang akan menghentikan jalannya rel utama pengangkut motor saat dinaikan. Misalkan, ban motor melampaui batas sedikit saja, maka lantai pengangkut akan berhenti. Ini sistem keamanan utama kami,” ungkapnya.

Walaupun mengggunakan teknologi tinggi akan tetapi biaya parkir terbilang cukuplah murah. Untuk satu kali parkir hanya dikenakan biaya Rp. 2.000 dan akan ada penambahan Rp. 500 setiap jamnya.

“Biaya parkir sama dengan parkir biasa, dua jam pertama Rp. 2.000 dan tapi untuk menginap akan dihitung per 24 jam, yaitu Rp.5.000 satu malam. Jadi menginap akan dihitung kelipatan hari,” tuturnya.

Sebagai informasi, CMS merupakan milik dari Manajeman RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta yang telah beroperasi sejak bulan Juli 2021.

CMS buka selama 24 jam satu minggu penuh dan dijaga secara bergantian dalam tiga shift. Satu shift akan dijaga oleh dua orang operator, satu operator menjaga pintu tiket dan satu untuk memasukkan serta membawa naik atau turun motor.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini