Berita

BPBD Yogyakarta Siapkan Antisipasi Bencana Musim Hujan

Oleh : Rahman / Selasa, 21 September 2021 09:24
BPBD Yogyakarta Siapkan Antisipasi Bencana Musim Hujan

Gudeg.net- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta mulai mempersiapkan upaya antisipasi kemungkinan terjadinya bencana pada musim hujan tahun ini.

Salah satu yang dipersiapkan adalah pengecekan rutin peralatan infrastruktur penanganan bencana dengan sistem peringatan dini atau Early Warning System (EWS).

“Kami mempersiapkan peralatan dan infrastruktur penanganan bencana seperti EWS banjir di tiga sungai yang melintasi Kota Yogyakarta,” ujar Kepala BPBD Kota Yogyakarta, Nurhidayat dalam keterangan tertulisnya yang di terima Gudegnet, Selasa (21/9).

EWS merupakan serangkaian sistem untuk memberitahukan akan timbulnya kejadian alam yang dapat berupa bencana maupun tanda-tanda alam lainnya.

EWS juga berfungsi sebagai alat peringatan dini kepada masyarakat atas kemungkinan terjadi bencana yang mudah dicerna oleh masyarakat.

Selain mempersiapkan EWS, BPBD Yogyakarta juga melakukan pengecekan rutin seluruh peralatan antisipasi bencana seperti chainsaw, genset, pompa air, serta armada pendukung lainnya.

Nurhidayat menjelaskan, peran serta masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana.

Langkah yang bisa dilakukan masyarakat di antaranya memperhatikan lingkungan sekitar rumah seperti memeriksa kondisi atap, membersihkan drainase yang tersumbat, memangkas dahan dan ranting pohon yang rimbun serta update info cuaca terkini.

'' Logistik darurat juga kami sudah stok opnam dan pengadaan untuk yang menipis, yaitu karung pasir. Pemantauan medsos BMKG juga kami intensifkan," jelasnya.

Sementara itu, dalam keterangan tertulis yang sama, Kasi Data Informasi Kebencanaan BPBD Kota Yogyakarta, Ariatmawan menyampaikan, untuk talut di area kawasan yang rawan longsor mulai dikoordinasikan dengan sejumlah pihak terkait.  

''Monitoring cuaca dan kewaspadaan dini untuk masyarakat sudah ditindaklanjuti dengan menyiapkan surat pemberitahuan ke semua Kemantren berisikan informasi kewaspadaan dini cuaca musim hujan,” kata dia.

Disamping itu, untuk peralatan peringatan pantauan banjir lahar hujan EWS sudah diuji coba pada semester satu kemarin dan saat ini kita lakukan monitoring untuk persiapan musim hujan.

Ia berharap, semua alat EWS yang ada di Sungai Code berfungsi dengan baik untuk antisipasi kepada masyarakat bila terjadi banjir lahar hujan dari Gunung Merapi.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini