Sosial Ekonomi

Kios Sekitar Sarkem Dibongkar Untuk Perluasan Parkir dan Penataan Jalur Pedestrian Stasiun Tugu

Oleh : Rahman / Senin, 13 Desember 2021 17:23
Kios Sekitar Sarkem Dibongkar Untuk Perluasan Parkir dan Penataan Jalur Pedestrian Stasiun Tugu
Pekerja melakukan pembongkaran kios di sekitar Stasiun Besar Tugu, Yogyakarta, Jalan Pasar Kembang, Selasa (14/12)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg-net- Puluhan kios yang berada di kawasan Pasar Kembang mulai dibongkar. Pembongkaran bertujuan untuk memperluas lahan parkir kendaraan sekaligus penataan jalur pedestrian di kawasan Stasiun Besar Tugu Yogyakarta.

Kepala Bappeda Kota Yogyakarta , Agus Tri Haryono menjelaskan, pembongkaran ini bagian dari kelanjutan proyek pedestrian kawasan stasiun Tugu yang sempat tertunda.

“Itu bagian lanjutan dari penataan kawasan stasiun Tugu pada 2017 lalu dan ini juga masuk ke dalam bagian dari pendukung sistem giratori di Malioboro,” ujar Agus Tri ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat whatsaapp, Senin (13/12).  

Untuk diketahui, bahwa lahan kios yang dibongkar berstatus Sultan Ground dan tata kelolanya diberikan kepada PT KAI Daop 6 Yogyakarta. Sebelumnya PT KAI telah memberikan izin pemanfaatan lahan-lahan kios tersebut selama ini.

Agus menyatakan, sebelum dibongkar, pihaknya telah melakukan koodinasi dengan para pemakai lahan. Sebagai pengganti, para pengguna lahan kios diberikan uang pengganti sebesar Rp. 250.000 per meter.

“Ada penggantian sebanyak Rp250 ribu per meter kepada pengguna lahan. Mereka kan sebagai pengguna yang menempati kios-kios itu,” jelasnya.

“Intinya kita ingin agar kawasan penataan yang sempat tertunda itu dapat diperluas sampai ke kawasan yang sekarang dibongkar,” tambahnya.

Sementara itu, Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto mengungkapkan, selain untuk membangun area parkir stasiun, lokasi itu juga sebagai pendukung kawasan sumbu filosofis karena berdekatan dengan Malioboro.

Ia menuturkan, sebagian pengguna lahan sudah ada yang telah membongkar kiosnya sendiri, karena memang telah mendapatkan uang pengganti.

“Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti pemerintah provinsi DIY, Pemkot Yogyakarta untuk percepatan penambahan fasilitas layanan penumpang di daerah itu," tuturnya.

Rencananya untuk perluasan lahan parkir stasiun akan dibuat seperti area parkir yang sudah ada di sisi barat Pasar Kembang dan akan disempurnakan dengan pedestrian yang baru.

Ia menegaskan, pembongkaran kios ini sudah sesuai prosedur dan dalam beberapa waktu ke depan pengerjaan pembangunan lahan parkir akan segera dilakukan.

“Nantinya akan dibuat penambahan area pelayanan parkir bagi penumpang kereta. Hal itu dilakukan karena saat ini perjalanan kereta sudah mulai bertambah,” kata dia.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini