Berita

UGM Miliki Apotek Hewan Pertama di Indonesia

Oleh : Rahman / Jumat, 14 Januari 2022 12:11
UGM Miliki Apotek Hewan Pertama di Indonesia
Universitas Gadjah Mada (UGM)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Universitas Gadjah Mada (UGM) mempunyai apotek khusus hewan pertama di Indonesia dengan nama Apotek Veteriner yang terletak di Rumah Sakit Hewan (RSH) Prof. Soeparwi.

Apotek yang terletak di sebelah barat Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM melayani segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan hewan.

Apotek ini melayani kebutuhan obat hewan, menerima resep dokter hewan, serta melayani kebutuhan kesehatan dan alat-alat kesehatan untuk hewan.

Ketua Tim Pembentukan Apotek Veteriner UGM Dr. drh. Agustina Dwi Wijayanti menjelaskan,selain menjadi fungsi praktis, apotek yang sudah berdiri dua tahun lalu ini juga dilandasi berbagai misi.

Pertama, sebagai upaya pengawasan dan kontrol penggunaan obat di Indonesia dan kedua untuk menghindari praktek extra label.

Agustina mengungkapkan saat ini obat-obat hewan beredar bebas dan dapat diperoleh dengan mudah. Bahkan,obat keras sekalipun dapat diperoleh dengan mudah tanpa resep dan obat-obatan tersebut kemudian diketahui kerap kali disalahgunakan.

“Apotek hewan ini merupakan solusi tepat dalam pengamanan penggunaan obat hewan, mengingat sekarang di masyarakat obat hewan bisa diperoleh di toko-toko obat, ataupun retail-retail online,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (14/1).

Ia melanjutkan, apakah ada jaminan bahwa retail-retail tersebut memiliki prosedur pelayanan obat yang ‘ketat’ ataupun memiliki tenaga berkompetensi sebagai penanggungjawab obatnya, seperti dokter hewan atau apoteker?

“Jelas jawabannya adalah, kita tidak tahu,” kata dia.

Keberadaa apotek hewan ini diharapkan sebagai tempat edukasi terkait informasi dan penggunaan obat-obat hewan.

Apotek ini juga dapat meningkatkan pengendalian penyakit hewan, membantu mengatasi masalah terjadinya resistensi antimikroba dan residu obat hewan pada produk pangan asal hewan.

Apotek yang berdiri berkat kerjasama antara Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Farmasi UGM ini memiliki dua penanggung jawab, yakni dokter hewan dan farmasis atau apoteker. 

Agustina pun berharap, dengan adanya apotek ini dapat memantik pendirian apotek-apotek hewan di seluruh Indonesia. Selain itu masyarakat mempunyai rujukan untuk memperoleh obat hewan yang legal dan aman, dan mendapat edukasi seputar penggunaan obat-obat hewan.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini