Seni & Budaya

FKY 2022 Ditutup, Capai 39.000 Pengunjung

Oleh : Admin / Senin, 26 September 2022 10:07
FKY 2022 Ditutup, Capai 39.000 Pengunjung
Prosesi penyiraman pohon trembesi oleh Aris Eko Nugroho (Paniradya Pati Kaistimewaan) sumber : fky.id

Gudeg.net - Minggu (25/09/2022) Festival Kebudayaan Yogyakarta 2022 (FKY 2022) resmi ditutup. Penutupan FKY 2022 dilaksanakan di Taman Kuliner, Condongcatur.

Kunjungan masyarakat ke FKY yang tercatat total sebanyak 39.000 secara fisik dan 13.000 user secara daring. Berbagai lini partisipasi juga dibuka selama FKY 2022 di mana terdapat 233 pendaftar relawan/volunteer, 270 pendaftar penampil panggung FKY, dan 567 pendaftar produk kreatif dan kuliner.

Seluruh rangkaian FKY 2022 telah melibatkan subjek budaya sebanyak 1.749 orang yang meliputi seniman, masyarakat pelaku budaya, pegiat industri kreatif dan kuliner, praktisi dan tenaga ahli, serta 193 orang pegiat festival. Sementara itu, sinergi antara FKY dengan kabupaten/kota di DIY pada tahun ini telah melibatkan 89 perupa baik perseorangan maupun kelompok dan 56 kelompok penampil kesenian dari berbagai kapanewon. Menariknya, terdapat pula penampil kontingen Dinas Kebudayaan dari luar DIY, yaitu kontingen Kabupaten Paser (Kalimantan Timur), kontingen Kabupaten Penajam Paser Utara (Kalimantan Timur), kontingen Kabupaten Lampung Selatan (Lampung), dan kontingen Kabupaten Jembrana (Bali).

Pada acara penutupan, pengumuman seluruh pemenang kompetisi Catatan Warga FKY 2022 dibacakan sekaligus dilakukan penyerahan hadiah secara simbolis. Khusus untuk kompetisi e-sport minecraft, pemenang sudah diumumkan secara langsung setelah kompetisi selesai pada 23 September 2022 dan pemenang kompetisi Cipta Lagu Anak diumumkan setelah pertunjukan final pada 24 September 2022.

Pada seremonial penutupan, Doni Maulistya selaku Ketua I, menyampaikan laporan pelaksanaannya. Maulistya menyampaikan bahwa melalui strategi penyelenggaraan dan berbagai program yang telah dihadirkan, FKY 2022 dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran publik tentang pencatatan kebudayaan, juga sebagai upaya menghadirkan ruang festival yang menyajikan hiburan dan pengalaman yang baik sekaligus sebagai ruang berbagi pengetahuan bagi masyarakat. Data kebudayaan yang dihadirkan dengan beragam bentuk dan medium harapannya juga dapat dimanfaatkan oleh publik secara luas di masa mendatang.

Selanjutnya Dian Lakshmi Pratiwi, S.S., M.A. selaku Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tak terhingga kepada seluruh pihak yang terlibat dan tergerak mulai dari pelaksana hingga subjek dan objek kebudayaan. FKY 2022 sejalan dengan tema G20 di mana kebudayaan adalah jalan hidup berkelanjutan dan kebijaksanaan lokal dari masyarakat menjadi bagian dari upaya mempertahankan kehidupan berkelanjutan tersebut. “Catatan kebudayan yang dihasilkan melalui kerja festival ini merupakan data kebudayaan kita hari ini yang dapat terus dipelajari dan dikembangkan oleh masyarakat luas sebagai sumber inspirasi dan pengetahuan untuk masa depan”, tambahnya. Sambutan selanjutnya oleh Sekretaris Daerah DIY yang dibacakan oleh Aris Eko Nugroho S.P., M.Si. (Paniradya Pati Kaistimewaan) sekaligus menutup FKY 2022. Aris Eko menyampaikan FKY menjadi salah satu pencapaian di bidang seni dan budaya, yang dihasilkan oleh para budayawan. Harapannya ke depan, FKY dapat terus menggambarkan, mendokumentasikan, dan merayakan keberdayaan warga masyarakat di dalam mengapresiasi kebudayaan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi penyiraman bibit pohon trembesi menggunakan air yang terkumpul saat seremoni pembukaan. Bibit pohon ini kemudian diserahkan kepada lima panitia FKY yang berasal dari lima kabupaten/kota di DIY. Pohon trembesi sendiri merupakan jenis pohon yang mempunyai kemampuan merawat air di bawahnya. Selain itu, ia juga menyerap karbondioksida lebih banyak dibanding pohon lain sehingga dapat membantu mengurangi polusi udara. Penyerahan bibit trembesi kepada panitia muda ini merupakan simbol dan harapan atas regenerasi dalam kerja kebudayaan.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini