Seni & Budaya

Pekan Budaya Difabel 2022 Siap Digelar

Oleh : Moh. Jauhar al-Hakimi / Senin, 28 November 2022 10:56
Pekan Budaya Difabel 2022 Siap Digelar
Acara Jumpa Media PBD 2022 di Pendopo Kundha Kabudayan DIY, Sabtu (26/11) siang. (foto : official doc. PBD 2022).

Gudeg.net – Bertempat di Pendapa Kundha Kabudayan DIY Jalan Cendana No.11, Semaki,  Yogyakarta, Sabtu (26/11) siang digelar jumpa media acara Pekan Budaya Difabel (PBD) 2022.

Mengangkat tema Ngayomi Ngayemi”, PBD 2022 berlangsung dari tanggal 28 November hingga 3 Desember 2022 di area Bendung Tegal Jayan – Desa Wisata Kebon Agung Imogiri.

Dalam jumpa media Ketua Panitia sekaligus Pimpinan Produksi M Arif Wijayanto yang lebih akrab dipanggil Broto Wijayanto menyatakan bahwa alasan dipilihnya Desa Wisata Kebon Agung Imogiri ini bukan saja sebatas hendak menggaungkan geliat wisata perdesaan dengan alamnya yang masih asri dan dilengkapi dengan spot wisata Bendung Tegal serta kuliner khas mie-ayamnya.

Lebih dari itu, adalah juga karena ada keinginan untuk sejenak menggeser kepedulian terhadap kawan-kawan penyandang disabilitas di wilayah perdesaan, yang artinya kita juga harus hadir di tengah-tengahnya, terlebih Imogiri menjadi kawasan yang beberapa warganya merupakan penyandang disabilitas akibat gempa 2006 silam.

“Karena di lingkungan perdesaan terdapat banyak tanaman pisang, maka kitapun berangkat dari sana. Bahwa dengan tanaman pisang kita bisa berlindung memayungi diri. Di samping itu, dengan daun pisang juga kita bisa menjadi ayem karena bisa terhidang makanan. Karena saat membuat tempe, memubuat nagasari, dan makanan lain itu daun pisang tak bisa dikesampingkan, Daun pisang menjadi simbol yang ngayomi sekaligus ngayemi bagi kawan-kawan penyandang disabilitas.” tutur Broto Wijayanto saat jumpa media Sabtu (26/11) siang.

Kepala Seksi Seni Dinas Kebudayaan DIY Aryanto Hendro Suprantoro menjelaskan bahwa ketika berbicara perihal kebudayaan secara inklusi, artinya kita juga harus berpikir mengenai keberadaan sekaligus peran aktif kawan-kawan difabel, bukan sebatas subyek tapi juga subyek. Imogiri menjadi tepat salah satunya karena di sana terdapat beberapa warga difabel akibat gempa 2006 silam.

“Jika kebanyakan daerah hanya menyelenggarakan Pekan Olah Raga, maka ada hal yang patut kita banggakan, yaitu kita sudah bisa rutin menyelenggarakan Pekan Budaya Difabel. Sementara itu dengan kita merapat di desa, secara tidak langsung kitapun akan bisa saling sharing kebudayaan, termasuk bisa memahami budaya serta kebutuhan teman-teman difabel,” papar Aryanto Hendro.

Pekan Budaya Difabel 2022 yang dihelat selama 6 hari akan dibuka pada tanggal 28 November di area Bendung Tegal Jayan – Desa Wisata Kebon Agung Imogiri dengan menghadirkan pertunjukan oleh Puser Bumi yang merupakan kelompok musik Yogyakarta dengan masing-masing anggotanya adalah penyandang disabilitas tuna netra. Kelompok musik ini pernah pentas di manca negara, yang antara lain adalah di Korea Selatan. Selain Puser Bumi, turut memeriahkan adalah Ndaru ‘Ndarboy Genk’, merupakan sosok musisi bergenre dangdut asli Bantul Yogyakarta.

Rangkaian acara PBD 2022 diantaranya workshop, talkshow, panggung pertunjukan seni (wayang, kethoprak, jathilan, tari, teater, operet), screening film, serta bazaar selama PBD berlangsung. Informasi terbaru seputar penyelenggaraan bisa diakses pada akun media sosial PBD 2022 Instagram: @pekanbudayadifabel, Tiktok: @pekanbudayadifabel, Facebook: @pekanbudayadifabel,  Twitter: @pekandifabel

Poster Pekan Budaya Difabel 2022. (foto : official doc. PBD 2022)
 

 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini