Seni & Budaya

Gali Potensi Dusun Lewat "Babad Kampung"

Oleh : Dude / Senin, 00 0000 00:00
Gali Potensi Dusun Lewat

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) XX 2008Dalam rangka menggali potensi dan kreativitas kampung dalam memaknai masa lalu masing-masing kampung, FKY XX 2008 mengajak masyarakat untuk hadir di sembilan kampung yakni Pajeksan, Pandeyan, Suryowijayan, Minggiran, Mergangsan Kidul, Kricak Kidul, Samirono, Dolahan-Kotagede, dan Tukangan dalam program baru FKY yang bertajuk Babad Kampung.

Dalam pelaksanaannya nanti, Babad Kampung akan diisi dengan berbagai seni pertunjukkan yang bisa berwujud seni tradisi dan seni kontemporer yang diharapkan mampu berfungsi sebagai media komunikasi yang efektif antara pihak masyarakat kampung dengan pihak yang lain.

"Dalam Babad Kampung nanti, akan ada pertunjukkan seni baik seni tradisi maupun seni kontemporer yang akan diperagakan oleh masyarakat masing-masing kampung berdasarkan potensi yang ada di tiap kampung," kata Koordinator Babad Kampung FKY XX 2008, Yoshi Fajar Kresno Mukti.

Pemilihan ke-9 kampung tersebut dilaksanakan dengan melalui berbagai kriteria, diantaranya adalah kampung tersebut adalah bagian dari kota Yogyakarta dan kampung tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan kraton Yogyakarta.
 
"Panitia memilih ke-9 kampung tersebut dengan beberapa pertimbangan yaitu kampung tersebut adalah bagian dari kota Yogyakarta dan kampung tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan kraton Yogyakarta," kata Yoshi.

Persiapan dan pelaksanaan Babad Kampung FKY XX 2008 sendiri telah dilakukan jauh hari sebelumnya, dengan diadakannya "Arisan Babad Kampung" di tiap kampung untuk membentuk kepanitiaan dan membahas jenis pertunjukkan yang akan diselenggarakan di FKY XX 2008.

Dalam hal ini, panitia FKY tidak terlibat langsung dalam kepanitiaan dan pembahasan jenis pertunjukkan yang akan dilaksanakan, namun hanya sebagai fasilitator bagi tiap kampung yang terlibat. "Panitia FKY tidak turut campur tangan dalam penentuan jenis pertunjukkan yang akan diselenggarakan tiap kampung, namum hanya sebagai fasilitator," tambah Yoshi.

Sementara itu, pihak pemerintah yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan Propinsi DIY, Condroyono mengharapkan agar keterlibatan sejumlah kampung dalam FKY XX 2008 dapat dilanjutkan dalam pelaksanaan FKY selanjutnya. "Diharapkan, Babad Kampung ini akan tetap berlanjut pada FKY mendatang," kata Condroyono.

0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini