Seni & Budaya

Karnaval Pelangi Budaya Bumi Merapi Akan Digelar

Oleh : Dude / Senin, 00 0000 00:00

Akhir tahun ini, Karnaval Pelangi Budaya Bumi Merapi Sleman akan kembali digelar. Penyelenggaraannya direncanakan akan dilakukan pada Rabu, 2 Desember mendatang dengan menempuh rute sepanjang tiga kilometer dari Lapangan Mlati hingga Lapangan Denggung Sleman.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Dwi Supriyatno menyatakan, pada penyelenggaraannya tahun ini Pelangi Budaya Bumi Merapi rencananya akan diikuti hingga ribuan peserta yang berasal dari seluruh stake holder pariwisata di Sleman.

"Karnaval akan dibagi menjadi sejumlah kelompok yaitu kelompok budaya, pariwisata dan batik, Badan Permusyawaratan Musea (Barahmus), perbankan, sekolah, dinas atau instansi, sepeda onthel serta, hingga Merapi Off-Road," ujarnya.

Kelompok budaya meliputi bregada prajurit tradisional, kesenian tradisional yaitu kuntulan, badui, emprak, topeng poleng, wayang orang, putri sigrak, dan paguyuban budaya, komunitas mahasiswa dan perguruan tinggi. Kelompok pariwisata dan batik meliputi perhotelan, travel agent, para pengusaha batik, desa-desa wisata, dsb.

Sedangkan acara pendukung event Pelangi Budaya Bumi Merapi yang akan ditampilkan berupa pentas seni pelangi budaya yang meliputi jathilan, kobrasiswa, macapat, dolanan anak, dadhung awuk, barongsai dan karawitan anak.

"Barongsai dan karawitan anak yang akan digelar di Lapangan Denggung pada pukul 10.00–14.00 WIB, jathilan Paguyuban PKJS yang akan digelar di Lapangan Mlati mulai pukul 10.00–17.00 WIB, serta pameran tosan aji pada pukul 10.00–17.00 WIB di Halaman Gedung Kesenian Sleman," ujarnya.

Karnaval Pelangi Budaya Bumi Merapi ini merupakan kegiatan budaya yang merupakan wujud nyata dari keanekaragaman potensi budaya dan seni di Kabupaten Sleman yang dieksplorasikan melalui kreativitas dan inovasi para peserta karnaval.

Diharapkan event ini merupakan sarana aktualisasi sekaligus sebagai media internalisasi potensi seni dan budaya di kalangan para pelaku seni dan budaya. Tak hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadikan wahana apresiasi positif bagi masyarakat umum dan wisatawan.

Sebelumnya pembukaan nanti dirncanakan akan dilakukan acara seremonial berupa pencanangan penggunaan pakaian batik bagi instansi pemerintah dan sekolah-sekolah, serta sebagai himbauan kepada masyarakat untuk juga mengenakan batik.

0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini