Tips Hari Ini

Tips Mengurangi Serangan Akibat Alergi

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00
Alergi merupakan reaksi berlebihan dari tubuh karena ada bahan-bahan yang dianggap berbahaya atau mengganggu. Anak-anak atau bayi bisa jadi mengidap alergi sejak lahir. Akibat alergi pun bermacam-macam. Hal ini tergantung dari "sasaran tembak" alergen (penyebab alergi) tersebut.  Semisal, organ sasarannya paru-paru maka seseorang bisa terserang asma bronchial atau batuk. Sedangkan jika menyerang organ pencernaan bisa mengakibatkan diare. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Hindari alergen. Berikut caranya:

Hilangkanlah kelembaban
Gunakanlah alat penghilang kelembaban yang banyak dijual di tokok-toko. Ini karena debu dan jamur menyukai tempat-tempat lembab untuk tumbuh. Idealnya, kelembaban rumah di bawah 50 persen.

Mencuci bersih
Cucilah sprei atau selimut menggunakan air hangat. Cara ini lebih efektif menghilangkan debu yang menempel ketimbang membeli alat penyaring udara.

Membersihkan rumah
Kegiatan menyapu halaman, memisahkan daun-daun, lalu memasukkannya ke tong sampah bisa mengurangi munculnya alergen seperti debu dan jamur. Ini karena jamur mudah tumbuh diantara potongan-potongan daun terutama saat musim hujan.

Rajin memeriksakan diri
Jadwalkan secara berkala kunjungan ke dokter keluarga. Tindakan ini berguna untuk mengetahui perkembangan kesehatan serta bentuk perawatan yang tepat saat alergi menyerang.

Semoga tips hari ini berguna. Tabik!

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini