Sosial Ekonomi

Peduli Lingkungan Ala Srikandi Hijau

Oleh : Budi W / Senin, 00 0000 00:00
Peduli Lingkungan Ala Srikandi Hijau



Banyak penggunaan bahan rumah tangga seperti deterjen, sampah plastik hasil produk rumah tangga lainnya membuat volume sampah di DIY terus meningkat. Hal inilah yang coba dikampanyekan oleh SCP Indonesia, SwitchAsia dan KLH menyelenggarakan program Srikandi Hijau di Jogja Digital Valley kawasan Sagan Yogyakarta siang hingga sore tadi (12/11).
 
Melalui program ini sebanyak 100 ibu rumah tangga yang aktif pada perubahan berkumpul dan mendengar penjelasan dari beberapa nara sumber. Kegiatan Srikandi Hijau ini antara lain mengajak para ibu untuk meningkatkan pola hidup bersih seperti membuang serta mengurangi volume sampah, melakukan penghematan energi, hemat air dan bahan bakar minyak.
 
Muhammad N Program manager Komunitas Sapu lidi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mencari ibu sebagai penggerak dalam keluarga  untuk berperilaku hijau. Peserta kemudian mendapat pengetahuan berupa workshop bagaimana cara menerapkan hidup hijau seperti proses dalam membeli sesuatu (buying), proses menggunakan (using) hingga proses mengurangi (reducing). 
 
"Kami menekankan pada 3 aspek tersebut untuk mengurangi pemborosan energi, misalnya upaya untuk mematikan listrik ketika tidak digunakan, saat melakukan pembelian, ibu-ibu diajak untuk tidak membeli produk yang dibungkus dengan sachet, itu penerapan sederhana yang bisa dilakukan oleh peserta," ungkapnya.
 
 Kegiatan sederhana ini selanjutnya dikompetisikan melalui sosial media berupa kompetisi foto dan blog yang bertema konsumsi hijau. Nantinya, foto hasil dari peserta aktif ini akan dipamerkan pada bulan Januari 2015. "Secara khusus kami memiliki visi agar masyarakat itu secara sadar dapat mengurangi penggunaan plastik dan hidup hijau dengan mengurangi penggunaan energi," tambahnya.
 
Pihaknya pun berharap melalui Srikandi Hijau ini, ada kesadaran masyarakat untuk peduli dengan lingkungan, saat mereka sadar maka akan mudah bagi para Sriakndi ini untuk mengingatkan masyarakat lain disekitarnya.

 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini