Tips Hari Ini

Tips Menghindari Kanker yang Disebabkan AC Mobil

Oleh : Thia Destiani / Jumat, 03 Juli 2015 04:11

Hidup di iklim tropis mengharuskan kita untuk menyesuaikan diri dengan temperatur yang panas. Begitu juga bagi Anda yang banyak beraktifitas menggunakan mobil. Dalam cuaca panas atau terik seringkali kita buru-buru menghidupkan AC mobil agar termperatur menjadi lebih dingin dan sejuk. Namun tahukah Anda langsung menghidupkan AC mobil dalam kondisi tersebut cukup berbahaya?

Menurut penelitian, ketika mobil mengalami peningkatan temperatur akibat panas matahari atau terparkir dalam waktu cukup lama tanpa sirkulasi udara yang baik, akan membuat beberapa komponen interior mobil seperti dashboard, jok, dan pengharum menghasilkan Benzene, racun penyebab kanker (karsinogen). Zat ini berbahaya bagi tubuh karena udara yang terperangkap dalam mobil akan bereaksi dengan semburan AC sehingga menimbulkan udara yang menyebabkan kanker bila dihirup.

Selain menyebabkan kanker, Benzene meracuni tulang-tulang, menyebabkan anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih. Bila terhirup terus-menerus dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan leukemia, menambah resiko penyebab kanker.

Tingkat Benzene di dalam ruangan yang dapat ditoleransi sebesar 50mg/ft2, sedangkan sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan mengandung 400-800 mg Benzene. Jika parkir di luar ruangan di bawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat ke atas, tingkat Benzene naik hingga 2000-4000 mg, 40 kali lipat lebih besar dari tingkat Benzene yang dapat ditoleransi.

Dalam kondisi mobil yang rawan penyebaran kanker tersebut, diperlukan perlakuan khusus agar mobil tetap dalam kondisi sehat dan tidak menjadi sumber penyakit. Ketika masuk ke dalam mobil jangan buru-buru menghidupkan AC. Bukalah semua kaca jendela mobil telebih dahulu lalu nyalakan AC selama beberapa menit, baru kemudikan kendaraan dan tutup kaca-kacanya kembali. Hal ini akan membersihkan udara yang terperangkap dalam mobil dan menggantinya dengan udara yang lebih segar.

Sampaikan tips ini kepada teman dan saudara Anda agar terbebas dari bahaya kanker yang dapat tersebar dari dalam mobil. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini