Sosial Ekonomi

Terus Numpuk, Komunitas Ini Patungan Buat Tempat Sampah

Oleh : Budi W / Senin, 00 0000 00:00


Komunitas Save Our Sand Dune (SOSDL) melakukan pembuatan 12 tempat sampah yang diletakkan pada jalur antara Pantai Parang Kusumo hingga Pantai Parangtritis. Aksi ini merupakan bentuk keresahan komunitas akan penumpukan sampah yang tidak tertangani secara baik.

Mereka mengatakan bahwa upaya dinas terkait untuk membersihkan areal tempat wisata dapat dikatakan lamban. "Tempat sampah ini kami buat agar menjadi solusi paling tidak menyadarkan wisatawan untuk membuang sampah secara baik", jelas Ketua SOSDL, Budiyanto saat berbincang dengan Tim Gudegnet (26/05).

Proses pembuatan tempat sampah sendiri dilakukan secara swadaya yang melibatkan 15 anggota komunitas. Semenjak Jumat (22/05), secara gotong royong para anggota komunitas mengumpulkan ember bekas cat ukuran 25 Kg yang kemudian dimodifikasi menjadi tempat sampah. "Pendanaan dari pembuatan tempat sampah ini murni dari teman - teman komunitas", tambah Budi.

Saat Tim Gudegnet bertanya kondisi mutakhir Gumuk Pasir, Budi pun masih terus semangat menceritakan semangat rekan - rekan seperjuangannya dalam melindungi lingkungan. Meski saat ini tambak udang masih terus beroprasi, namun semangat untuk menyadarkan sesama akan terus berkobar.

"Selain tempat sampah, kami juga membuat baliho yang isinya mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga Gumuk Pasir", terangnya.

Meskipun para pemodal dan juga pekerja tambak udang merupakan tetangga, namun sudah menjadi kuajiban baginya untuk terus memberikan penerangan akan pentingnya Gumuk Pasir.

Program pemerintah yang bersebrangan dengan nilai luhur pelestarian gumuk pun terus mendapat sorotan komunitas yang berbasis di Dusun Grogol tersebut. Kami meminta pemkab (dinas pertanian dan kehutanan) dan  pemerintah desa untuk meninjau ulang program pemanfaatan gumuk untuk pertanian dan penghijauan.

"Merevisi, menghentikan dan merelokasi program dan terus melakukan sosialisasi ke masyarakat parangtritis untuk mulai memahami arti dan potensi gumuk pasir lebih mendalam." tukasnya.

Pun jika program pemerintah tetap kukuh dengan program penghijauan, hendaknya pemerintah harus siap dana untuk ganti rugi relokasi lahan pertanian. Mengoptimalkan perbukitan parangtritis untuk pertanian serta yang terakhir mendidik masyarakat untuk terjun ke industri kreatif karena Paris merupakan tempat tujuan wisata potensial untuk pemasarannya.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini