Sosial Ekonomi

SOSDL Sedikit 'Lega' Pemerintah Mulai Mendengar

Oleh : Budi W / Senin, 14 September 2015 11:26



Penataan kawasan berpasir sand dune mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah bahkan dari pusat. Demikian informasi tersebut disampaikan oleh Surya Wijaya, Humas Save Our Sand Dune Live saat bertemu dengan Tim Gudegnet semalam disebuah restoran.

"Kami bersyukur kini pemerintah mulai mendengar seruan kami," kata Surya.

Dari data Badan Informasi Geospasial dikatakan bahwa ada sekitar 141 hektare dari lokasi tersebut yang memiliki bangunan tak berijin. Rencananya, bangunan yang ada dilokasi itu akan dipindah ditambah pula lokasi pertanian dan juga rumah warga.

"Meski kami sudah merasa lega karena mendapat perhatian pemerintah, namun SOSDL selaku komunitas akan terus mengawasi gumuk pasir agar tidak terganggu kelestariannya," ungkap penggiat yang kini menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi dikawasan Sonosewu tersebut.

Sikap yang dilakukan komunitasnya yakni terus berkampanya kepada penyelamatan gumuk pasir dari ancaman eksploitasi. "untuk kedepannya kami akan selalu memberikan edukasi agar masyarakat sadar  tentang eksistensi gumuk pasir," tambahnya.

Dilokasi dan waktu yang berbeda, Nurwadjedi Deputi Bidang Informasi Geospasial Tematik, Badan Informasi Geospasial mengatakan bahwa pembersihan gumuk pasir penting mengingat vegetasi mampu menghambat pembentukan barchan seperti keadaan semula.  Kedepannya menutur dia, lokasi ini akan menjadi tempat terbuka dan bukan ruang terbuka hijau.

"Keuntungannya adalah tempat ini akan menjadi lokasi untuk wisata dan pusat penelitian, Keunikan gumuk yang langka di dunia itu bakal menjadi ikon DIY," tukasnya.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini