Kuliner

5 Wiskul Harus Anda Coba Saat di Yogyakarta

Oleh : Budi W / Kamis, 17 Maret 2016 07:00

Akhir pekan ini ada baiknya Anda mencoba kuliner khas Yogyakarta berikut. Terdapat 5 lokasi wisata kuliner yang layak untuk Anda coba bersama keluarga.

#1 Soto pak Sholeh Al Barokah
Soto pak Sholeh rasanya "Jogja banget". Soto ini memiliki rasa yang sedikit manis dibandingkan dengan soto Wonosari yang asin. Untuk Anda yang berasal dari Jawa Timur atau wilayah lain, sebaiknya menambahkan garam sesuai selera. Daging sapinya empuk dan rasanya segar.

Harga 1 mangkok soto + 1 jeruk panas cukup murah yakni Rp. 16.000,00. pukul 07.00 - 15.00 WIB. Hari Sabtu dan Minggu tetap buka. Paling ramai sekitar pukul 07.00 - 08.00 WIB. Menu yang dapat Anda coba selain Soto yakni Sop buntut, Empal goreng dan Otak goreng.

Info lengkap mengenai Soto pak Sholeh Al Barokah

#2 Bakso Bawor Jogja
Bakso goreng yang ada di warung bakso Bawor rasanya kemripik, garing dan tidak berminyak. Menariknya lagi, meski tanpa permintaan khusus, porsi standar di warung bakso di kawasan Samirono ini bisa untuk berdua, cocok untuk Anda yang menyukai kuantitas.

Jika Anda menyukai mi ayam, ditempat ini juga menyediakannya untuk Anda. Jika kita bicara soal tekstur, mi ayam ditempat ini lebih tebal dan kenyal, tak seperti ditempat lain yang cenderung lembut dan mudah patah. Jika belum dicampur, rasanya gurih. Tapi kalau sudah diaduk jadi lebih manis dan rasa gurihnya masih ada dan terasa. Bicara soal kuah mi ayam, Jika belum dicampur, rasanya gurih. Tapi kalau sudah diaduk jadi lebih manis dan rasa gurihnya masih ada dan terasa.

Bakso Bawor buka antara pukul 09.00 - 19.00 WIB dan harga untuk 1 porsi mi ayam + 1 mangkok bakso + 1 teh hangat + 1 jeruk hangat = Rp. 23.000,00.

Info lengkap mengenai Bakso Bawor Jogja

#3 Sego Koyor Bu Parman
Semakin malam lokasi tempat makan pun tidak akan pernah sepi bahkan tutup. Di tempat ini, Anda bisa datang kapan pun karena Sego Koyor Bu Parman buka mulai pukul 22.00 - 04.00 WIB. Menu yang dapat Anda rasakan ditempat tersebut diantaranya adalah Nasi Koyor, Telur pedas bumbu Bali, Handuk (babat) bacem dan Teh panas.


Menurut cerita pemilik, Warung bu Parman saat ini telah diteruskan putrinya. Tahun 1968 warung bu Parman buka di sekitar Taman Pintar. Dulunya, masih jadi terminal. Lalu, saat terminal akan direlokasi ke sekitar daerah yang saat ini dikenal sebagai Pura Wisata, ia pilih berjualan di emperan toko di jalan Brigjen Katamso hingga hari ini dan pengunjungnya datang dari berbagai kota. Bahkan, artis sekelas Iwan Fals saat di Jogja mampir di warung sego koyor bu Parman.

Harga satu piring nasi koyor + 2 teh panas = Rp. 17.000,00.

Info lengkap mengenai Sego Koyor Bu Parman

#4 Warung Rica Rica Shibitsu
Meskipun namanya warung bakmi, namun yang lebih populer menu rica-rica ayam kampungnya. Menurut mereka yang sudah pernah mencoba, daging ayam kampungnya lembut. Rasanya seperti perpaduan antara baceman yang manis dan bumbu rica-rica yang pedas. Tim Gudegnet berfikir kalau pemiliknya merupakan keturunan orang Jepang. Setelah tanya sana - sini, Shibitsu bukan berasal dari Jepang melainkan ada anggota keluarga yang mengalami tuna wicara. Kemudian diberi nama Shibitsu.  

Warung ini buka dari pukul 19.00 - 01.00 WIB. Buat mereka yang tiba-tiba merasa lapar saat tengah malam bisa mampir di jalan raya Bantul no. 111. Suasana bertambah nyaman saat Anda melihat tehnya yang nasgitel. Sambil menikmati mi kuah bisa menghangatkan badan dengan teh yang panas, legi dan kenthel yang dicampur gula batu di dalam teko blirik hijau.

Menu yang dapat Anda coba diantaranya adalah Nasi goreng, Bakmi goreng dan kuah, Rica-rica ayam kampung, Teh nasgitel, Wedhang tape. Harga untuk Rica-rica ayam kampung ada 3 paket yaitu Rp. 75.000,00, Rp. 100.000,00 atau Rp. 150.000,00. Sedangkan untuk porsi hematnya, 2 teh panas + 1 piring bakmi kuah = Rp. 23.000,00.

Info lengkap mengenai Warung Rica Rica Shibitsu

#5 Ice Cream Parlour Old Dish Tip Top
Tempat makan ice cream yang satu ini bertahan sejak jaman Belanda. Anda harus datang ke Kedai Es Krim Tip-Top! Restoran ini merupakan salah satu tempat makan es krim yang masih tersisa sejak jaman sebelum kemerdekaan, selain kedai es krim Raguza di Jakarta dan Zangrandi di Surabaya. Melalui ketiga restoran itu kita bisa melihat perjalanan panjang makanan dingin, lembut dan berair itu.

Dulunya, es krim dianggap sebagai makanan mewah. Restoran yang saat ini dikelola generasi ketiga dan berdiri di jalan Kompleks Kolombo mulai menyasar generasi muda sembari tetap melestarikan karya leluhur di bidang kuliner. Jika Anda penasaran, boleh deh coba ice cream rhum-nya. Ini es krim rasa langka. Sejauh ini hanya Tip Top yang menyediakan es krim seperti ini. Terdapat sekitar 11 menu es krim dan 31 menu desser & snack.

Di kedai ini, ice Cream Parlour Old Dish Tip Top buka mulai pukul 10.00 - 11.00 WIB dari Senin - Minggu. Harga untuk 1 Milky Rainbow + 1 Tip Top Ice Cream + 1 Choco Mint + 1 Free Green Tea = Rp. 56.000,00

Info lengkap mengenai Ice Cream Parlour Old Dish Tip Top


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini