Seni & Budaya

Setelah Nyepi, Ini yang Dilakukan Umat Hindu Jogja

Oleh : Budi W / Rabu, 29 Maret 2017 10:00
Setelah Nyepi, Ini yang Dilakukan Umat Hindu Jogja


www.gudeg.net, Yogyakarta - Umat Hindu di Jogja dan Jateng telah selesai melaksanakan Ibadah Nyepi dan ternyata masih ada satu rangkaian lagi yakni Ngembak Geni yang dilanjutkan dengan Dharma Shanti. Demikian informasi tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Nyepi Nasional, Ketut Untung Yoga saat wawancara dengan Tim Gudegnet di Candi Prambanan, Yogyakarta (27/03).

"Saat Nyepi, umat Hindu melakukan introspeksi diri melalui catur brata nyepi. Melakukan penyendalian hawa nafsu berupa Amati Karya (tak bekerja), Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Lelungan (tidak bepergian), Amati Lelanguan (tak melakukan hiburan)." jelas Ketut.

Sehari setelah Nyepi, lanjut Ketut, berlangsung Ngembak Geni yakni sebuah upacara doa, umat Hindu melakukan sembahyang serta memanjatan doa kepada Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa) agar pada tahun baru Saka berikan kemudahan, kebaikan dan kembali menjadi manusia baru, bersih juga suci dari segala dosa - dosa dimasa lalu.

"Setelah itu umat melakukan Sima Krama (bermaaf - maafan) atau Dharma Shanti untuk membuka peta jalan ditahun berikutnya guna mencapai kualitas hidup yang lebih baik," tutupnya ramah.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM



    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    CJDW 107 FM

    CJDW 107 FM

    CJDW 107 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini