Tips Hari Ini

Mengenal Penyakit Musim Hujan

Oleh : Trida Ch Dachriza / Senin, 13 November 2017 13:21
Mengenal Penyakit Musim Hujan
Musim hujan-Gudegnet/Trida

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Sebagai negara dua musim, diterpa musim hujan dan musim kemarau memang sudah sewajarnya. Memasuki bulan November, curah hujan yang cukup tinggi mulai menyapa Yogyakarta. Karena perubahan suhu dan banyaknya genangan air, ada banyak hal yang harus kita siapkan. Bukan hanya infrastruktur, rutinitas dan diet juga harus dijaga.

Hewan yang harus kita waspadai saat banyak air menggenang adalah nyamuk. Hewan mungil ini dapat membawa dampak yang berbahaya jika kita tidak telaten dan waspada dalam mengendalikannya.

#Malaria

Penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk anopheles betina yang berkembang biak di air menggenang. Gejalanya berupa demam tinggi, sakit sekujur tubuh, menggigil, keringat dingin, lemah, dan di beberapa kasus penyakit kuning dan diare.

#Demam Berdarah (DB)

Penyakit yang sangat berpotensi fatal ini menghantui warga Indonesia setiap tahunnya. Disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti, gejala paling terkenalnya adalah demam pelana kuda di mana masa kritis ada pada titik panas terendah. Gejalanya antara lain demam tinggi, sel darah merah rendah, dan sakit persendian. Nyamuk ini juga penyebab demam zika, mayaro, demam kuning, dan sejumlah penyakit lainnya.

#Chikungunya

Saudara dari aedes aegypti, aedes albopictus atau juga dikenal dengan nama nyamuk harimau menelurkan larva nya di air yang menggenang, biasanya yang sudah beberapa saat. Nyamuk ini juga dapat menyebabkan demam kuning.

Selain nyamuk, ada banyak penyakit lain yang dapat hinggap di tubuh saat musim hujan jika kita tidak menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh.

#Tifus

Penyakit ini disebabkan karena konsumsi air yang terkontaminasi dan sanitasi yang tidak sehat. Bakteri S. Typhi berkembang biak untuk menyebarkan kontaminasi di air dan lingkungan yang kotor. Gejala yang umum termasuk sakit tenggorokan, lemah, demam, dan sakit kepala.

#Hepatitis A

Penyakit hati yang sangat menular ini disebabkan oleh konsumsi makanan, air, feses, atau kontak dengan orang yang terinfeksi. Gejala yang umum termasuk mual, kelelahan, urin gelap, kehilangan nafsu makan, sakit kuning, dan mual.

Mencegah adalah obat terbaik. Kesemuanya mengacu pada menjaga lingkungan sekitar kita bersih, dan pastikan air tidak menggenang terlau lama.

Jaga daya tahan tubuh, karena suhu yang dingin berarti badan membutuhkan lebih banyak energi untuk menjaga panas tubuh. Kalau tubuh sedang tidak fit, bisa jadi tubuh tidak dapat mengimbangi penggunaan energi, dan akhirnya flu pun gampang menyerang.

 

 

 

 

 

 

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini