Kuliner

Tongseng Biawak dan Ular Goreng di Warung Bu Tini, Berani Coba?

Oleh : Karni Narendra / Sabtu, 07 April 2018 08:22
Tongseng Biawak dan Ular Goreng di Warung Bu Tini, Berani Coba?
Tongseng Biawak warung Bu Tini/ Karni Narendra

www.gudeg.net, Yogyakarta - Biawak, ular, landak, emprit dan bulus, hewan-hewan tersebut sudah sering kita dengar ataupun kita jumpai. Namun bagaimana ceritanya, apabila hewan-hewan tersebut diolah menjadi masakan untuk dikonsumsi? Sebut saja Warung Bu Tini, warung yang menjual soto namun lebih terkenal dengan masakan ekstremnya seperti Tongseng Biawak ataupun Tongseng Ular. Terletak di daerah Sleman tepatnya di RT 5/RW 11 Getas, Gandekan, Tlogoadi, Mlati, Sleman, warung ini sudah berjualan kuliner ekstrem tersebut sejak tahun 2012.

Sehari-harinya warung ini ramai dikunjungi pembeli. Rata-rata pembeli yang datang karena memang pecinta kuliner ekstrim, tetapi adapula yang mengkonsumsinya untuk obat gatal. karena Biawak, Tekek dan Ular dipercaya bisa menyembuhkan penyakit gatal-gatal.

Sebagian besar masakannya diolah menjadi tongseng dan digoreng. Namun apabila ada permintaan untuk dimasak rica-rica, akan dibuatkan. “Banyak pula warga keturunan yang minta dibikinin taucho, namun tauchonya membawa sendiri “ jelas Nanang pamilik warung.

Sekitar 12 jenis masakan tersedia di sini, antara lain : Tongseng Biawak, Ular goreng, Dara goreng, Tongseng bulus, Kodok goreng, Tongseng ular dan yang lainnya. Uniknya lagi kita bisa melihat langsung proses pemotongan dan pengolahan hewan-hewan tersebut.

Ular goreng

Tongseng Biawak disajikan panas dengan nasi putih, apabila digoreng akan ditambah dengan sambal bawang yang disajikan terpisah. Daging biawak rasanya seperti daging ayam namun agak sedikit alot, sedangkan untuk daging ular agak sedikit alot dan krenyes-krenyes seperti ada tulang mudanya.

Satu porsi Tongseng biawak dibanderol harga Rp 20.000 sudah termasuk nasi putih dan minum (bisa memilih teh atau jeruk). Semua harga makanan di warung ini berkisar Rp 20.000 hingga Rp 30.000. Yang paling mahal adalah Bulus, karena agak sulit untuk mendapatkan hewan yang satu ini.

Rute untuk menuju warung Bu Tini tidak terlalu sulit, meskipun tempatnya masuk kampung namun mudah ditemui karena sudah banyak yang mengenal warung ini. Warung ini terletak di sebelah barat gedung Youth Center, sebelum Lapangan Getas (timur persis lapangan) terdapat jalan masuk ke arah utara, lurus saja ke utara hingga ada pertigaan kemudian belok kiri. Buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00 namun terkadang jam 20.00 sudah tutup.


1 Komentar

  1. Albertus indro Rabu, 11 April 2018

    Bagus banget kakak

Kirim Komentar


jogjastreamers

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


SOLORADIO 92,9 FM

SOLORADIO 92,9 FM

Soloradio 92,9 FM SOLO


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


UNISI 104,5 FM

UNISI 104,5 FM

Unisi 104,5 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini