Layanan Umum

Rail Clinic, Layanan Kesehatan Untuk Masyarakat dari PT KAI

Oleh : Karni Narendra / Rabu, 11 Juli 2018 13:46
Rail Clinic, Layanan Kesehatan Untuk Masyarakat dari PT KAI
Rail Clinic PT KAI

Gudeg.net - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menyediakan layanan Rail Clinic untuk masyarakat umum khususnya bagi yang membutuhkan. Rail Clinic merupakan kereta api kesehatan atau klinik berjalan yaitu kereta api yang difasilitasi dengan apotek, unit rawat jalan, unit pemeriksaan gigi, cek kesehatan jantung, cek kesehatan ibu hamil, pemberian obat dan pemberian kacamata gratis untuk anak-anak.

Selain kesehatan, kereta ini juga dilengkapi dengan kereta perpustakaan atau Rail library. Di dalam Rail library dilengkapi dengan fasilitas e-library yang dilengkapi dengan enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai macam bacaan, video edukatif dan lagu anak-anak. Adapula perpustakaan manual yang dilengkapi dengan buku bacaan anak-anak hingga dewasa. Semua tindakan dan fasilitas tersebut dilaksanakan di atas kereta.

Rail Clinic ini merupakan bentuk kepedulian sosial dan tanggung jawab sosial, PT Kereta Api Indonesia  (PT KAI) khususnya Daop VI untuk masyarakat sebagai bukti nyata BUMN hadir untuk negeri. Setelah sebelumnya dilaksanakan layanan gratis di Jenar Purworejo (10/07), DAOP VI akan kembali menggelar rail clinic pada Kamis, 12 Juli 2018 di Patukan Yogyakarta.

Saat ini terdapat empat gerbong layanan Rail Clinic, yang tersebar dua di Jawa dan dua di Sumatera yang terdiri dari dua gerbong merupakan layanan kesehatan dan dua gerbong lainnya sebagai perpustakaan.  Tiga kereta kesehatan sebelumnya sudah tersebar ke Palembang, medan dan Tanjung Karang.

Semua layanan ini diberikan gratis untuk masyarakat yang membutuhkan dan kegiatan ini terlaksana atas kerja sama PT KAI dengan PMI (Palang Merah Indonesia), Jasa raharja, Dinas kesehatan dan masyarakat wilayah setempat.

“Kita sasaranya  memang tempat-tempat  yang tidak terjangkau oleh rumah sakit, puskesmas dan di situ  memang membutuhkan bantuan,” tutur Eko Budiyanto selaku Manager Humas PT KAI Daop 6.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini