Layanan Umum

Silvia Hadir Lengkapi Layanan di Perpustakaan Kota Yogyakarta

Oleh : Karni Narendra / Senin, 03 Desember 2018 14:02
Silvia Hadir Lengkapi Layanan di Perpustakaan Kota Yogyakarta
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko luncurkan layanan Silvia (3/12)/Karni Narendra

Gudeg.net - Hingga akhir tahun 2018 Perpustakaan Kota Yogyakarta telah memiliki 34 layanan inovasi. Salah satunya adalah “Silvia” Sinema Literasi Visual Untuk Pemustaka Kota Yogyakarta. Layanan ini resmi diluncurkan pada 3 Desember 2018 di Perpustakaan Kota Yogyakarta oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko.

Dalam acara peluncuran Silvia, Wahyu menuturkan,”Perpustakaan Kota Yogyakarta terbilang kecil dari sisi ukuran,  namun kami tidak mau menyerah. Kami mencoba membesarkan layanan kami dengan apa yang kami miliki.”

Layanan Silvia berada di lantai satu Perpustakan Kota Yogyakarta yang terletak di Jalan Suroto Kotabaru. Ruangan yang dipakai sebelumnya merupakan Ruang  Bidang Satu Perpustakaan yang kini dipindah ke belakang. Hal ini agar turut dimaksmimalkan dalam memberikan layanan kepada masyarakat yang menjadi pemustaka.

“Diharapkan ruangan ini (Silvia) bisa digunakan oleh masyarakat dan pemustaka kota Yogyakarta, untuk memutar film dan diskusi masalah film,” jelas Wahyu lebih lanjut.

Pemustaka yang tepat waktu dalam mengembalikan buku dan sering mengadakan sirkulasi dengan meminjam koleksi perpustakaan Kota Yogyakarta, akan mendapatkan fasilitas tiket gratis untuk melihat film yang ditayangkan di Silvia.

Saat ini koleksi yang tersedia sekitar 50 judul film dari luar negeri dan dalam negeri, dengan seleksi konten yang mendidik dan bagus.

Dalam satu minggu Silvia akan menayangkan empat kali jadwal pemutaran film yaitu pada hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu, sekitar pukul 13.00 – selesai. Film yang ditayangkan merupakan film legal dan edukatif yang bisa diakses oleh masyarakat luas. “Film tersebut sudah kami beli sehingga bisa dilayankan kepada masyarakat,” jelas Wahyu.

Di luar jam tersebut, layanan Silvia bisa dipergunakan untuk masyarakat luas untuk memutar film mereka dan berdiskusi mengenai film. Tentu saja film yang akan diputar harus melalui screening oleh petugas. Dan untuk mempergunakan ruangan ini, di wajibkan untuk mendaftar atau indent terlebih dahulu, karena keterbatasan tempat.

Keberadaan Silvia ini akan membuat daya tarik bagi perpustakaan kota Yogyakarta. Sebuah  perpustakaan harus terus menerus mengembangkan daya tarikny agar masyarakat tidak bosan untuk berkunjung ke perpustakaan. Kedepannya Perpustakaan Kota akan membuka layanan 20 jam, mulai dari pukul 08.30 hingga 03.30 dini hari.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini