Berita

Taman Layak Anak Akan Dibangun di Sleman

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Rabu, 01 Agustus 2018 15:00
Taman Layak Anak Akan Dibangun di Sleman
Lokasi rencana taman layak anak di daerah Drono, Sleman - Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

 

Gudegnet - Taman layak anak akan dibangun di Kabupaten Sleman, tepatnya di daerah Drono. Taman ini rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektar.

Hal ini disampaikan oleh Kurniawan, Kasubid Lingkungan Hidup dan Perhubungan Bappeda Sleman saat ditemui Gudegnet di kantornya (1/8). Menurutnya kini belum ada taman yang khusus untuk anak.

“Kalau yang di Denggung itu ‘kan Taman Kota. Memang ada tempat bermain anaknya. Tapi untuk yang khusus untuk taman anak itu belum ada,” ucap pria yang akrab disapa Iwan ini. “Kita ingin menjauhkan anak-anak dari crowded-nya lalu lintas,” tuturnya lagi.

Konsep taman ini masih dalam tahap perencanaan. Namun menurutnya, konsep yang mesti ditekankan adalah bagaimana supaya anak aktif bergerak. Anak-anak nantinya juga dapat bermain air di sungai yang terdapat di lokasi taman.  

“Jadi anak-anak itu harus bergerak motoriknya. Berpindah dari satu permainan ke permainan lain. Misal naik turun, bertualang. Jadi membuat mereka itu punya imajinasi,” ucapnya.  

“Salah satu harapan kita setiap taman layak anak itu tidak ada hotspot atau wifi. Justru kalau ada wifi itu membuat kita jadi sendiri-sendiri di tengah taman,” kata Iwan lagi.  

Setelah taman ini jadi, taman kota di Lapangan Denggung kemungkinan akan menjadi taman yang diperuntukkan bagi remaja.

Ia mengatakan membuat taman anak tak sesederhana yang dibayangkan. Ada standar-standar yang harus dipenuhi baik dari sisi mainan, dan lingkungan sekitarnya.

Rencananya akan ada penerangan juga untuk penggunaan malam hari. Kamar mandi juga akan dibuat sesuai standar-standar tersebut.  

“Taman untuk anak itu ternyata banyak syaratnya. Kriteria untuk mainannya, material untuk mainannya, biar anak itu aman, sifatnya edukatif,” ucap Iwan.Termasuk hal yang harus diperhatikan adalah makanan yang natinya dijual di sekitar taman.

Pembangunan taman ini diperkirakan menghabiskan dana sekitar 5 miliar rupiah, dan rencananya akan mulai dibangun pada 2020. Iwan mengatakan, ke depannya juga akan dibangun taman layak anak di daerah lain di Sleman.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM



    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini