Seni & Budaya

Jagongan Wagen PSBK Tampilkan Tarian Kegelisahan pada Dunia Pendidikan

Oleh : Rahman / Jumat, 14 Desember 2018 22:38
Jagongan Wagen PSBK Tampilkan Tarian Kegelisahan pada Dunia Pendidikan
Pertunjukan Tari di Jagongan Wagen PSBK Yogyakarta,(14/12),Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Padepokan Seni Bagong Kusudiardja(PSBK) kembali menggelar Jagongan Wagen yang menampilkan pertunjunkan tari di Pendopo Utama PSBK Kasihan Bantul,(14/12).

Pertunjunkan tari kali ini mengangkat tema Human yang dipersembahkan oleh Sanggar Tari Hujan Hijau Dance-Lab dengan koreografer Kiki Rahmatika.

“Tarian ini tercipta berasal dari kegelisahan meihat tempat pendidikan yang sesusungguhnya kurang mampu memanusiakan manusia,” ujar Kiki Rahmatika.

Selain itu kegelisahan juga terhadap dunia politik yang saya implementasikan dengan kursi,dimana mereka lebih sering menggunakan hawa nafsu dari pada hati nurani,tutur Kiki.

Fenomena fitnah dan pembunuhan karakter pada dunia pendidikan kerap terjadi dikarenakan para pendidik kerap melakukan pelencengan serta dengan sengaja menggunakan kemampuannya untuk menjatuhkan harkat kemanusiaan.

“Saya mengajak para penari yang masih mengenyam pendidikan karena mereka masih merasakan bagiamana rasanya beragam pelencehan yang ada pada dunia pendidikan. Dan itu memudahkan mereka untuk berekspresi dalam tarian ini,” kata Kiki saat diwawancara.

Tarian Human dibawakan oleh 6 orang penari Sanggar Tari Hujan Hijau Dance-Lab yang keseluruhanya merupakan para mahasiswa/i.

“Untuk pementasan tarian ini kita berlatih selama tiga bulan demi terciptanya seluruh karakter para penari,” ujar Dwi Cahyono penari.

Pihak Sanggar Hujan Hijau Dance-Lab berharap dengan dipentaskannya seni tari ini dapat sedikit merubah suasana pendidikan menjadi lebih baik. Selain itu juga dapat memberikan ruang bagi para pendidik dan terdidik untuk berbuat perubahan kedepannya.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini