Pendidikan

Pekan Budaya India, UIN Gelar Pameran Foto Hingga Pemutaran Film Bollywood

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Selasa, 18 Desember 2018 14:00
Pekan Budaya India, UIN Gelar Pameran Foto Hingga Pemutaran Film Bollywood
Kepala Kantor Urusan Internasional Achmad Uzair (kanan) di depan kantor CDCIA UIN Kalijaga, Selasa (18/12)-Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

Gudegnet- Dalam rangkaian Pekan Budaya India atau Indian Cultural Week pada 17-23 Desember 2018, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga menggelar berbagai kegiatan seperti yoga, seminar, pameran foto, pemutaran film, juga Bolywood Cultural Performance.

Pekan Budaya India terselenggara atas kerja sama Kedutaan Besar India untuk Indonesia, pemerintah DIY dan UIN Kalijaga.

Achmad Uzair, Ph. D, Kepala Kantor Urusan Internasional UIN mengatakan, kegiatan ini hasil dari kunjungan wakil menteri luar negeri India di UIN beberapa waktu lalu. 

“Berangkat dari seminar interfaith dan Public Lecture oleh wakil menlu India kemudian didiskusikan soal penyelenggaraan Indian Cultural Week,” ucap Uzair ketika ditemui di kantornya, Selasa (18/12).

Ia mengatakan, Indonesia dan India memiliki sejarah panjang baik diplomatik maupun kultural. “Sebenarnya ini kerja sama yang sudah dibangun lama sekali pondasinya,” ucapnya.

Pekan Budaya India antara lain mengadirkan pertunjukan tari budaya India. Acara ini diadakan di UIN Kalijaga pada (17/12) dan di gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta nanti malam (18/12).

Untuk pameran foto “Monumen Islam India’ digelar pada 17-23 Desember. Dipajang dalam pameran mengenai budaya Islam di India, terutama masjid. Foto yang dipajang merupakan foto Abad Hijriah pertama hingga masa modern.

Selain itu, di Taman Budaya digelar juga pameran foto HUT ke-70 hubungan diplomatik India-Indonesia.

Tak ketinggalan, diadakan juga pemutaran film Bollywood di teatrikal perpustakaan UIN. Film diputar pukul 13.00 setiap harinya.

Ada pula festival kuliner India yang digelar di Hotel Sheraton Mustika dari hari ini (18/12) hingga 23 Desember mendatang. 

Ditemui di tempat yang sama, Dr. Muhajir, panitia acara ini mengatakan, animo peserta acara ini terbilang tinggi, dilihat dari jumlah peserta yang mendaftar. Ia berharap ke depannya akan terjalin kerja sama dengan universitas di India. 

“Kami ingin punya jalinan kerja sama dengan perguruan-perguruan tinggi di India, terutama yang memiliki basis keilmuan yang sama,” ucap Muhajir.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini