Berita

Jelang Dhaup Ageng,Puro Pakualam Bersolek

Oleh : Rahman / Jumat, 28 Desember 2018 16:39
Jelang Dhaup Ageng,Puro Pakualam Bersolek
Gerbang Puro Pakualam Dibersihkan oleh Tim Pertamanan Gembira Loka Yogyakarta,(26/12),Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Puro Pakualam menunjuk Tim Pertamanan Gembira Loka untuk melakukan pembenahan jelang perhelatan agung pernikahan putra Paku Alam X yang akan dilangsungkan pada 5 Januari 2019.

Kepala Unit Pertamanan Gembira Loka Muhammad Safini mengatakan pembenahan meliputi dua bagian yaitu gerbang utama Puro Pakualam dan pemangkasan pohon yang sudah kering.

“Untuk gerbang Puro Pakualam kami bersihkan menggunakan sabun khusus agar tidak merusak ornamen ukirannya,” ujar Muhammad saat melakukan pemberihan gerbang Puro Pakualam,rabu(26/12).

Setelah pembersihan gerbang nantinya kami akan memangkas sejumlah pohon yang berada didalam Puro Pakualam yang sudah terbilang kering. Pemangkasan bertujuan agar terlihat rapih pada saat Dhaup Ageng nanti,tambah Muhammad.

Proses pembersihan Puro Pakualam dilakukan selama tiga hari sejak 25 hingga  26 Desember 2018 dan nantinya Tim Pertamanan akan melaporkan hasil pembersihan kepada Panitia Inti Dhaup Ageng.

Ditempat berbeda Ketua Umum Dhaup Ageng Puro Pakualam KPH Indrokusumo menjelaskan seluruh bangunan Puro Pakualam akan dibersihkan agar terlihat lebih rapih.

“ Untuk bangunan kita lakukan pembersihan total, jika ada yang perlu dibenahi atau dicat ulang akan dilakukan secepatnya. Pembersihan mulai dari gerbang depan hingga dalam Puro,” ujarnya saat diwawancara.

Indrokusumo menambahkan,sesuai keinginan Paku Alam X bahwa Dhaup Ageng dilangsungkan secara sederhana.

“Paku Alam hanya menginkan pernikahan yang sederhana saja namun tetap pada pakemnya dan tidak ada kirab pengantin nantinya,” ujar Indrokusumo.

Mendekati hari H nantinya Pihak Panitia akan melaksanakan gladi bersih secara keseluruhan acara.

“Gladi Bersih akan dilakukan demi memantapkan Dhaup Ageng agar seluruh susunan prosesi dapat berjalan dengan baik dan tidak terlewat satupun,” tegas Indrokusumo.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini