Kuliner

Warung Mbah Cokro, Suasana Pedesaan di Tengah Kota

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Kamis, 03 Januari 2019 15:00
Warung Mbah Cokro, Suasana Pedesaan di Tengah Kota
Warung Mbah Cokro-Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

Gudegnet - Memasuki warung Mbah Cokro di Jalan HOS Cokroaminoto No 152, akan segera terasa suasana pedesaan yang unik. Selain joglo dengan furniture yang didominasi kayu, suasana makan makin berkesan dengan pajangan motor-motor antik, dan juga gambar-gambar menarik di dinding.

Warung mbah cokro memiliki beberapa ruang makan, yakni di joglo dan dua ruang indoor. Di joglo, suasananya nyaman ala pedesaan. Di sudut rumah makan bahkan ada kandang kebo yang makin menguatkan kesan pedesaan.

Untuk ruang indoor memiliki nama masing-masing Ndalem Mbok Tuwo dan Mbok Enom. Biasanya ruangan ini digunakan sebagai meeting room namun tak menutup kemungkinan untuk dipakai makan biasa.

Viorentina Edgina, manager Mbah Cokro mengatakan, nama ruang tersebut berkaitan dengan cerita unik yang dibangun di tempat makan ini.

“Ceritanya Mbah Cokro ini simbah-simbah, punya dua istri. Makanya ada Ndalem Mbok Nom, yang satnya Mbok Tuwo” kata Viorentina.

Lucunya, yang dimaksud Mbok Tuwo adalah Marlyn Monroe. Di masing-masing ruangan, ada foto Mbah Cokro dengan pasangannya, satu ruangan dengan mbok enom, ruangan yang lain dengan mbok tuwo.

Nah bagaimana dengan menunya? Sesuai konsep tempatnya, Mbah Cokro memiliki menu-menu ndeso. Ada menu all you can eat seharga Rp 15.000 saja. Menu yang termasuk all you can eat adalah nasi putih atau merah, dengan sayur.

Sayurnya sendiri berbeda tiap harinya. Ketika Gudegnet berkunjung ada brongkos, sup, dan bayem bubur jipang. Nah untuk lauknya memiliki harga tersendiri, yang berkisar hingga Rp2000 hingga Rp 28.000.

Bisa juga jika tak ingin mengambil sayurnya, nasi saja plus lauk yang dipilih, dengan harga nasi plus harga lauk yang dipilih.

Menjadi favorit pembeli, sebut saja ayam, udang pasir, jantung ayam, lele lombok ijo. Udang pasir ini menurut Viorentina sangat jarang ditemui. “Rasanya lebih kriuk-kriuk,” kata Viorentina. Masih ada menu-menu lain seperti centong ayam, usus, oseng pare, daun papaya, dan lain-lain.

Nama-nama minumannya pun mengundang senyum, ada Mbok Enom hingga Es Mabok Ndonya. Menjadi menu favorit adalah Es Mbok Enom, yang merupakan Es Doger.

Warung Mbah Cokro bukas setiap hari pukul 10.00 hingga 22.00.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Iradio 88.7 FM Jogja

    Iradio 88.7 FM Jogja

    100% Musik Indonesia, Cinta Musik Indonesia.


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini