Sosial Ekonomi

Kominfo Gandeng Startup Titipku Luncurkan Gerakan UMKM Go Online

Oleh : Rahman / Jumat, 05 Juli 2019 16:19
Kominfo Gandeng Startup Titipku Luncurkan Gerakan UMKM Go Online
Peluncuran program Grebeg Pasar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, (ist)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI meluncurkan Progam Grebeg Pasar yang merupakan sebuah gerakan mendukung pasar tradisional kembangkan penjualan secara online.

Dengan mengambil tema “Ayo Jualan Online”, Kominfo RI meggandeng start up lokal asal Yogyakarta Titipku sebagai platform berbasis aplikasi pendukung program Grebek Pasar.

Kasubdit Pengembangan Ekonomi Digital Pariwisata Transportasi dan Perdagangan Kominfo RI Sumarno menyatakan, program ini menyasar para UMKM agar dapat Go Online.

“Pasar harus dapat memanfaatkan platform digital yang sudah ada, karena sekarang semua sudah serba online. Harapannya agar seluruh produk pasar bisa dijual tidak hanya nasional saja, tetapi hingga keluar Indonesia,” ujarnya pada saat peluncuran Grebek Pasar di Pasar Beringharjo beberapa waktu lalu.

Sumarno menambahkan, program Grebeg Pasar ini merupakan salah satu visi Presiden Joko Widodo untuk mendukung pasar tradisional kembangkan ekosistem online. Melalui uluran tangan para Pandu Digital dan marketplace, kami berharap agar pasar dapat dibantu dalam proses go online.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menyebutkan jumlah pasar tradisional turun drastis dari 13.540 menjadi 9.950 pasar dalam waktu 4 tahun (2007-2011). Disamping itu, survey juga memperoleh hasil bahwa sebanyak 12,2% masyarakat belum pernah berbelanja online karena belum bisa menggunakan aplikasi.

Sementara itu CEO Titipku Henri Suhardja mengungkapkan, program dari Kominfo Grebeg Pasar ini adalah program yang sangat inovatif, karena langsung menjadi solusi untuk pedagang pasar tradisional.

“Titipku dengan konsep fitur Jelajah mempermudah untuk membantu pedagang pasar tradisional masuk ke digital,” ungkapnya pada siaran pers yang GudegNet terima, Jum’at (5/7).

Henri menuturkan, dengan fitur “Jelajah” pada aplikasi Titipku diharapkan dapat membantu percepatan digitalisasi UMKM Indonesia khususnya dalam program ini yaitu pasar yang ada di wilayah DIY.

“Kami berharap dapat mengakomodir sekitar 2000 pedagang pasar tradisional di Yogyakarta untuk dapat Go Digital bersama Titipku,” tutupnya.

Grebeg Pasar akan berlangsung mulai tanggal 4 Juli 2019 – 17 Juli 2019 di sejumlah pasar tradisional diantaranya Pasar Lempuyangan dan Pasar Klitikan Yogyakarta.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM



    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini