Seni & Budaya

Garebeg Besar: 5 Gunungan di Masjid Gedhe Ludes Dalam Sekejap

Oleh : Rahman / Senin, 12 Agustus 2019 13:25
Garebeg Besar: 5 Gunungan di Masjid Gedhe Ludes Dalam Sekejap
Puluhan Abdi Dalem mengawal gunungan pada saat prosesi Grebeg Besar di Alun-alaun Utara Keraton Yogyakarta,(12/8)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Ribuan warga memadati area sekitar Alun-alaun Keraton Yogyakarta untuk menghadiri tradisi Hajad Dalem Grebeg Besar memperingati Hari Raya Idul Adha 1440 H tahun 2019, Senin (12/8).

Hajad Dalem Grebeg Besar merupakan sebuah acara tradisi Keraton Yogyakarta, dimana keluarnya tujuh buah gunungan yang berisikan hasil bumi dan makanan tradisional sebagai persembahan Sang Raja kepada rakyatnya.

Dari pantauan GudegNet, Tujuh buah gunungan tersebut diantaranya Dua Gunungan Kakung, Dua Gunungan Estri, Gunungan Darat, Gunungan Pawuhan, dan Gunungan Gepak.

Lima gunungan yakni Gunungan Kakung, Gunungan Estri, Gunungan Darat, dan Gunungan Pawuhan akan dibagikan di halaman Kagungan Dalem Masjid Gedhe. Gunungan Gepak akan dibawa dan dibagikan di Pendhopo Kawedanan Pengulon di utara Masjid Gedhe.

Sedangkan satu Gunungan Kakung dan Gunungan Estri dikirab menuju Sewandanan Puro Paku Alam untuk dipersembahan kepada Pakualam X.

Lima gunungan yang dibawa ke Kagungan Dalem Masjid Gedhe akan didoakan terlebih dahulu sebelum dibagikan atau dirayah oleh masyarakat.

Gunungan tersebut berisikan sejumlah hasil bumi seperti sayur mayur dan buah-buahan serta sejumlah makanan kecil khas Keraton Yogyakarta seperti wajik.

Ke 7 Gunungan tersebut diusung oleh Abdi Dalem Kanca Abang dan dikawal oleh ratusan prajurit Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang terdiri dari Bregada Wirobraja, Bregada Dhaeng, Bregada Patang Puluh, Bregada Prawirotama, Bregada Jagakarya, Bregada Nyutra dan Bregada Mantrijero serta pasukan Gajah yang berasal dari Kebun Binatang Gembira Loka.

Setelah didoakan lima gunungan yang berada di Masjid Agung Kauman tersebut langsung dirayah oleh masyarakat yang hadir dan gununganpun ludes dalam sekejap.

Suwardi warga asal Pantai Samas Bantul mengatakan, dirinya sengaja tidak kerja pada hari ini untuk menghadiri acara Grebeg Besar di Masjid Gedhe Kauman.

“Saya sudah sejak pukul 08.00 WIB berada disini, karena saya tidak mau ketinggalan untuk ikut merayah gunungan,” ujarnya.

Suwardi menambahkan, dirinya selalu datang pada setiap acara grebeg yang Keraton selenggarakan seperti Gerebeg Syawal, Grebeg Mulu dan Grebeg Besar ini. Baginya mendapatkan hasil grebeg merupakan berkah tersendiri.

“Hasil rayahan ini akan saya tanam di lahan pertanian, dengan harapan dapat menghasilkan hasil yang bagus pada saat panen nanti,” jelas petani cabai asal Bantul itu.

Lima gunungan

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini