Berita

Satpol PP DIY Soroti Pesepeda yang Berkerumun di Area Publik

Oleh : Rahman / Senin, 08 Juni 2020 13:03
Satpol PP DIY Soroti Pesepeda yang Berkerumun di Area Publik
Ratusan pesepeda berkumpul di Kawasan Tiitik Nol Yogyakarta, Minggu (7/6)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Adanya sejumlah gambar atau video yang viral di media sosial terkait dengan peningkatan kerumunan warga yang bersepeda beberapa hari lalu menjadi perhatian khusus Satpol PP DIY.

“Memang benar, dari pantauan dilapangan kerumunan warga didominasi oleh para peseda baik secara individu maupun dengan komunitasnya masing-masing,” ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpo PP) DIY Noviar Rahmad, Senin, (8/6).  

Noviar menjelaskan, kerumunan para pesepeda tersebut terpantau mulai dari hari Sabtu (6/6) dan Minggu (7/6) di seputar Tugu Pal Putih hingga Kawasan Titik Nol Yogyakarta. Jumlah dari para pesepeda ini pun tidak sedikit, ada sekitar ribuan pesepeda.

“Dari ribuan pesepeda tersebut memang ada yang pake masker ada yang tidak. Karenanya kami selalu mengimbau kepada mereka untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Minimal pake masker dan jaga jarak,” jelasnya.

Selama pandemi Covid-19 melanda Daerah Istimmewa Yoagyakarta (DIY), Satpol PP DIY telah mengimbau sekaligus mengedukasi masyarakat akan bahayanya wabah Covid-19.

Tidak tanggung-tanggung ratusan personel Satpol PP pun disebar di sejumlah titik keramaian seperti Tugu Yogyakarta, Malioboro, Ttitik Nol hingga Alun-alun Utara.

“Setiap hari personel kami patroli di area-area tersebut, menginformasikan bahwa corona masih ada, walaupun tren kasus covid turun namun New Normal belum diberlakukan,” tuturnya.

Noviar menegaskan, akan melakukan tindakan tegas kepada warga yang masih saja berkerumun di sejumlah titik-titik yang ada di Kota Yogyakarta.

“Bila tetap berkerumun akan kami bubarkan namun dengan cara yang persuasif, dengan imbauan dan pendekatan yang baik. Namun kita tidak bisa terlalu ekstrem karena belum ada payung hukum terkait hal tersebut,” tegasnya.  

Noviar juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak keluar rumah bila memang tidak terlalu mendesak dan hindari berkerumun di area-area publik.

“Bila tidak perlu, tidak usah keluar rumah dan apabila mendesak tetap terapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak,” imbaunya.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini