Pendidikan

Pemkot Resmikan 'Cantika' di Klenteng Poncowinatan

Oleh : Rahman / Selasa, 11 Agustus 2020 13:08
Pemkot Resmikan 'Cantika' di Klenteng Poncowinatan
Warga membaca salah satu buku dari layanan pojok baca Cantika di Klenteng Poncowinatan, Yogyakarta, Selasa (11/8)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Tingkatkan literasi masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) meresmikan layanan pojok membaca Cantika di tempat ibadah Klenteng Poncowinatan, Selasa (11/8).

Cantika merupakan layanan pojok baca yang diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, dengan tujuan untuk memperluas literasi masyarakat.

“Cantika diharapkan dapat menambah pengetahuan dan minat literasi masyarakat dan ini adalah pojok baca ke tiga yang kami resmikan di rumah ibadah,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko di Klenteng Poncowinatan.

Sebelumnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta telah meresmikan layanan pojok baca di Masjid Diponegoro yang diberi nama Dorothy dan Gereja Mergangsan dengan nama Camelia.

Menurut Wahyu, layanan pojok baca ini merupakan salah satu langkah Pemerintah Kota untuk mendukung Kota Yogyakarta yang dikenal dengan sebutan Kota Pelajar.

“Pojok buku ini juga sebagai rangka meningkatkan atmosfer pendidikan di kota kita ini. Dan rumah peribadatan juga dapat menjadi salah satu tempat untuk menimba ilmu,” jelasnya.

Perpustakaan pojok baca Cantika di Klenteng Poncowinatan berisikan sekitar 1.500 buku, yang terdiri dari buku fiksi atau nonfiksi hingga majalah dan tabloid.

Wahyu menambahkan, ribuan buku yang bisa dibaca secara gratis oleh masyarakat tersebut tidak hanya berasal dari Pemkot akan tetapi ada juga sejumlah buku sumbangan.

“Buku juga banyak berasal dari warga yang perduli akan literasi, jadi mereka banyak menyumbang. Kami tampung dan persiapkan untuk pojok-pojok baca yang ada,” tambahnya.

Pemkot Yogyakarta juga berencana akan terus menambah layanan pojok baca di sejumlah lokasi, seperti instansi pendidikan, pusat perbelanjaan dan ruang publik lainnya.

Sementara itu salah satu Pengurus Klenteng Poncowinatan, Fatoni menyatakan apresiasinya atas peresmian Cantika.

“Klenteng pada asalnya juga tempat untuk belajar dan menimba ilmu, jadi Cantika ini sangat berarti bagi kami dan masyarakat nantinya. Terimaksih kepada Pemkot Yogyakarta atas perpustakaan Cantika ini dan semoga bermanfaat,” kata dia.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM



    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini