Seni & Budaya

Gie Rilis Ulang Lagu ‘Jarak’, Gandeng Dede Kumala

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Rabu, 21 Oktober 2020 09:00
Gie Rilis Ulang Lagu ‘Jarak’, Gandeng Dede Kumala
Dok. Gie

Gudeg.net - Band asal Yogyakarta, Gie, tak berhenti berkarya di masa pandemi ini dengan merilis ulang lagu “Jarak”. Perilisan ulang lagu dalam album penuh perdana “Kamar Malas” ini cukup spesial karena berkolaborasi dengan Dede Kumala, drummer BIP sebagai produser.

Dede merupakan produser Ipang Lazuardi dalam lagu Sahabat Kecil di Laskar Pelangi. Ia juga terlibat dalam pengerjaan beberapa lagu Sany Canaster dan sejumlah musisi Indonesia lainnya.

Kolaborasi ini jadi kali pertama bagi Wimar Yulius (vokal), Gatra Laringal (Gitar), Denny Sinjo (Bass), Abe (Drum), dan Kaka (Kibor) merilis single di bawah tangan dingin produser. Apalagi Dede sendiri salah satu referensi band pemiliki album “Kopi Blues” tersebut.

“Mengerjakan musik bersama dengan seorang produser memberikan semangat yang berbeda buat kami apalagi Dede Kumala seseorang yang selama ini ada di balik musik yang menjadi referensi Gie,” kata Gatra dalam keterangan tertulis yang diterima Gudegnet beberapa waktu lalu.

Sedikit cerita, demo lagu ‘Jarak’ sendiri sebenarnya sudah diterima Dede Kumala sejak 2018. Kala itu Gatra berniat meminta saran selama pengerjaan Mixing-Mastering album “Kamar Malas”.

Namun karena kesibukan masing-masing, baru tahun ini band yang terbentuk pada 2013 tersebut dan Dede Kumala berkolaborasi. Pandemi tidak mengendurkan proses kolaborasi, dengan dijembatani teknologi.

 “Kami bertemu pertama kali beberapa waktu lalu saat saya mengisi konser musik di Yogyakarta. Pertama kali mendengar lagu ini saya langsung punya gambaran dan saat itu langsung saya sampaikan ke Gatra,” kenang Dede Kumala.

“Jarak” versi baru ini tentunya menawarkan nuansa berbeda dari rilisan lama dalam album. “Bang Dede punya gambaran yang menarik bahwa ‘Jarak’ akan terasa lebih indah bila dibuat versi akustiknya. Dia membawa suasana yang berbeda,” kata Gatra.

Ia berharap produk kolaborasi ini dapat mewakili perasaan kawan-kawan pecinta musik dan pendengar Gie atas pandemi Covid-19 yang memaksa orang-orang untuk menjaga jarak.

 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini