Berita

Imlek 2021, Antara Perayaan dan Covid-19

Oleh : Rahman / Jumat, 12 Februari 2021 10:08
Imlek 2021, Antara Perayaan dan Covid-19
Seorang biksu memukul lonceng sebanyak 18 kali sebagai tanda masuknya Tahun Baru Imlek 2572 di Kelenteng FuK Ling Miau, Yogyakarta, Jumat (12/2)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Aling hanya bisa berdoa memanjatkan puji syukur kepada sang dewa pada Imlek tahun ini agar diberikan kesejahteraan, keselamatan dan terhindar dari Covid-19.

Selain itu ia juga berdoa agar segenap keluarganya yang berada di perantauan selalu diberikan kesalamatan.

“Imlek ini tidak banyak yang bisa saya lakukan, hanya berdoa dan memohon agar dewa dapat memberikan rahmat dan cepat menghapus corona dari Indonesia,” ujar Aling seusai berdoa pada malam pergantian Tahun Baru Imlek 2021 di Kelenteng Fuk Ling Miau, Yogyakarta, Kamis (11/2) malam.

Suasana salah satu kelenteng terbesar di Yogyakarta ini memang terlihat jauh berbeda bila dibandingkan dengan perayaan Imlek tahun sebelumnya.

Tidak ada ratusan warga Tionghoa yang biasa berkumpul jelang pergantian tahun di kelenteng ini, maupun kemeriahan ciri khas malam Imlek.

Aling datang bersama anaknya pada pukul 22.00 WIB dan langsung menuju altar untuk menyalakan dupa sebagai syarat untuk berdoa.

“Tadi saya ambil hio (dupa) untuk berdoa di altar utama dan membeli lilin persembahan untuk dinyalakan sepanjang Imlek sampai Cap Go Meh nanti,” jelasnya.

Setelah berdoa dan memberikan persembahan, Aling dan anaknya menuju bagian belakang kelenteng untuk melanjutkan doa bersama yang dipimpin oleh sejumlah biksu umat Budha.

Doa bersama biksu terbilang cukup lama hingga mendekati detik-detik pergantian tahun yaitu pukul 00.00 WIB. Doa pergantian tahun ini merupakan ritual yang memang harus dilakukan setiap malam Imlek dan sudah menjadi ritual khusus.

“Doa Imlek harus dilakukan setiap malam Imlek, sebagai panjatan puji syukur dan meminta kebaikan pada tahun berikutnya,” kata dia.

Setelah doa ditunaikan maka sang biksu akan melakukan ritual yang cukup sakral yaitu membunyikan lonceng kecil sambil berjalan mengelilingi kelenteng.

Dan mendekati detik-detik pergantian tahun, biksu akan memukul gong yang terbuat dari kulit dan loceng besar sebanyak 18 kali sebagai tanda telah masuknya tahun baru. Seluruh umat berkumpul di bagian utama kelenteng sambil bedoa dan menantikan biksu selesai memukul gong.

Ada juga sebagian umat yang bersedih karena Imlek pada tahun ini sangat sepi, kelenteng Fuk Ling Miau yang biasanya ada pesta kembang api pun kali ini ditiadakan.

“Pemukulan gong tadi, tandanya kami sudah merayakan Imlek mas, jadi semua yang hadir saling mengucapkan Selamat Imlek. Ada yang senang dan ada juga yang sedih, karena Imlek ini sedang ada corona,” ucapnya.

Walaupun digelar dalam kesederhanaan, tetapi seluruh umat yang hadir tetap bersemangat menyaksikan detik-detik pergantian tahun.

Bagitu juga yang diarasakan Aling, meskipun hanya berdua dengan anaknya yang masih duduk di Sekolah Menengah Pertama, mereka tetap tampil cerah dengan baju merah, warna khas Imlek bagi etnis Tionghoa.

Aling berharap, seluruh umat manusia mendapatkan keberkahan dan keselamatan di dunia, agama apa pun dan suku apa pun.

“Mudah-mudahan masa corona ini lekas usai, agar kita semua dapat kembali ke kehidupan normal kita seperti dulu, dimana corona belum ada di Indonesia,” harapnya.

Acara perayaan Tahun Baru Imlek 2021 di Kelenteng Fuk Ling Miau menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, tidak mudah orang masuk tanpa ada kepentingan yang jelas.

Seluruh perayaan usai pada pukul 00.30 WIB dan perlahan kelenteng mulai sepi dari umat yang merayakan malam Tahun Baru Imlek 2021.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini