Tips Hari Ini

Ini Cara Merawat Rambut Keriting Tetap Sehat dan Menawan

Oleh : Trida Ch Dachriza / Jumat, 12 Maret 2021 19:30
Ini Cara Merawat Rambut Keriting Tetap Sehat dan Menawan
Ilustrasi rambut keriting/Foto: Ketut Subiyanto dari Pexels

Gudeg.net—Menata rambut keriting itu gampang-gampang-susah. Bagi yang masih sering merasa orang dengan rambut keriting adalah golongan yang beruntung karena dapat terlihat menawan dengan sedikit usaha, hampir pasti belum tahu usaha yang dilakukan agar dapat mempertahankan bentuk menawan tersebut.

Berbeda dengan tekstur rambut lainnya, rambut keriting lebih sulit untuk dirawat karena membutuhkan lebih banyak kelembapan, lebih sedikit keramas, dan banyak kesabaran.

Berikut adalah tips-tips untuk merawat rambut keriting secara ringkas.

#1 Selalu menyisir rambut dari bawah ke atas
Tekstur rambut keriting menyebabkan helai-helai rambut lebih mudah terikat antar satu sama lain apabila disisir langsung dari akar ke ujung.

Metode menyisir terbalik ini meminimalisir risiko rambut menjadi gimbal dan patah ketika disisir. Gunakan jenis sisir dengan gigi jarang untuk membantu mengurangi risiko rambut patah.

#2 Rapikan rambut secara teratur
Tipe rambut keriting juga rentan terlihat kaku dan kusam karena rentan mengalami kerusakan di ujung helainya.

Dengan menggunting ujung rambut secara teratur tiap dua hingga tiga bulan sekali, rambut dapat menjadi lebih sehat dan mengurangi adanya rambut bercabang.

#3 Gunakan produk “oplosan”
Setiap rambut pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, apalagi untuk rambut keriting. Jarang terdapat produk yang mampu menjadi satu solusi bagi semua.

Dengan mengenali rambut masing-masing, maka akan mudah menentukan produk apa yang butuh di’oplos’.

Salah satu penata rambut, Andrita Renee, penata rambut yang berbasis di New York, membagikan kombinasi oplosan favortinya adalah dengan mencampur minyak kelapa dengan dengan gel rambut agar keriting dapat bertahan, namun tidak membuat kering.

#4 Pineappling
Pineappling atau secara harfiah ‘menanaskan’ (dari buah nanas),  merupakan satu metode mengikat rambut di atas pucuk kepala secara longgar.

Teknik ini dapat digunakan sebelum tidur atau kapan saja. Dengan ikatan seperti ini, rambut akan terhindar dari rusak dan patah. Lekukan yang kadang membuat bentuk rambut menjadi aneh dari mengikat rambut pun bisa dihindari. Bonusnya, bentuk keriting tetap terjaga.

#5 Tidur menggunakan sarung bantal sutra
Metode satu ini membutuhkan modal yang lumayan karena biasanya, sarung bantal sutra dijual satu set dengan seprai.

Sarung bantal dari sutra terbukti dapat membantu mengurangi efek rambut bekas bantal dan kusut dengan mengurangi friksi antara rambut dan kain penutup bantal.

Dengan menggunakan sarung bantal sutra, rambut terlihat rapi dan jarang terlihat kusam. Agar lebih murah, beli kain sutra untuk satu bantal, lalu jahit di penjahit atau jahit sendiri.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini