Seni & Budaya

Jas Merah Bertekad Gelorakan Edukasi Sejarah

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Selasa, 13 April 2021 18:51
Jas Merah Bertekad Gelorakan Edukasi Sejarah

Gudeg.net - Diskusi perdana pembentukan Jaringan Sejarawan Merah Putih (Jas Merah) yang berlangsung di kediaman GKR Mangkubumi, Minggu (11/4) mengetengahkan sejumlah topik kesejarahan. Beragam topik tersebut akan dikaji untuk kemudian dituangkan dalam berbagai konten media audiovisual, sebagai materi pembelajaran sejarah.

Menjadi salah satu poin dalam diskusi tersebut, proses pembangunan sosial  seyogyanya tetap berpijak pada akar pondasi kesejarahan yang telah dirintis dan diletakkan oleh para pendahulu bangsa. Dengan demikian, keberlangsungan peradaban dapat selaras dengan nilai-nilai filosofi dasar Hamemayu Hayuning Bawono.

Dalam kesempatan ini, GKR Mangkubumi menyampaikan, di tengah masifnya proses pembangunan insfrastruktur di DIY, Keraton Yogyakarta berupaya melakukan perlindungan dan penataan berbagai situs yang terkait dengan warisan sejarah.

Mangkubumi mengaku mendapat tugas dari ayahnya, Sri Sultan HB X, agar ruang-ruang kesejarahan itu dapat dikembalikan seperti dulu, atau sedapat mungkin tidak semakin mengalami kerusakan.

Ia mencontohkan, pembangunan pagar yang mengelilingi Alun-alun Utara telah dirancang sejak era Sri Sultan HB I, dan sempat akan dibangun pada era Sri Sultan HB V.

Hal lain yang tengah diupayakan keraton adalah mengembalikan kawasan Alas Bunder dan Wanagama di Gunungkidul sebagai hutan lindung. Di tempat tersebut, kata Mangkubumi, terdapat banyak situs sejarah yang wajib dijaga kelestariannya. 

Sementara itu menurut Peneliti Bahasa dan Budaya Jawa Kuna dan Asia Selatan KRT. Manu J. Widyaseputra M.A atau akrab disapa Romo Manu, salah satu warisan sejarah yang penting diajarkan kepada generasi muda adalah alasan Pangeran Mangkubumi memilih kawasan yang kini disebut sebagai Yogyakarta sebagai pusat kekuasaan keraton. 

Dari mempelajari naskah-naskah kuno, ia mendapati wilayah Yogyakarta dahulu disebut sebagai Sapta Sendawa. Sapta berarti tujuh dan Sendawa dari asal kata Sindu yang artinya sungai. 

Yogyakarta, lanjutnya, dialiri tujuh sungai yakni Progo, Bedog, Winongo, Code, Gajah Wong, Kuning, dan Opak. Di sepanjang aliran tujuh sungai ini terdapat banyak asrama kaum Brahmana.

Ia menambahkan, Yogyakarta dipilih karena wilayah ini bukan wilayah kosong, melainkan telah dihuni oleh Kaum Brahmana yang secara turun temurun melahirkan tradisi peradaban luhur. Hal ini merupakan salah satu unsur penting yang membuat Yogyakarta memiliki banyak nilai keistimewaan.

"Sehingga bukan hal kebetulan jika dikemudian waktu di wilayah Yogyakarta saat ini berkembang pusat-pusat pendidikan dan dikenal orang sebagai tempat untuk belajar," terang Romo Manu dalam keterangan tertulis yang diterima Gudegnet, Selasa (13/4).
 
Sejarawan Dr. Baskara T. Wardaya menyambut baik kemunculan Jas Merah. Dirinya sependapat bahwa perlu upaya sinergi lintas stakeholder, agar nilai-nilai kesejarahan terus diedukasikan khususnya kepada generasi muda. 

Upaya penyelamatan warisan kesejarahan di Yogyakarta sejatinya tidak hanya penting bagi Yogyakarta saja melainkan juga bagi  Indonesia bahkan dunia.

"Dengan mengenali sejarah bangsa maka kesadaran untuk menjaga tegaknya Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 bakal semakin mantab," katanya.

Diskusi ini antara lain juga dihadiri oleh Guru Besar Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya UGM Prof. Dr. Inajati Adrisijanti; Dosen Prodi Sejarah Peradaban Islam IAIN Surakarta Aan Ratmanto M.A; dan Sekber Keistimewaan DIY Widihasto Wasana Putra.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini