Sosial Ekonomi

Dikembangkan Menjadi Kabupaten Kreatif, Bantul Bentuk Komite Ekonomi Kreatif

Oleh : Rahman / Selasa, 14 Desember 2021 12:02
Dikembangkan Menjadi Kabupaten Kreatif, Bantul Bentuk Komite Ekonomi Kreatif
Pembentukan Komite Ekonomi Kreatif (KEK) di Rumah Dinas Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Senin (13/12)(Dok Humas Pemkab Bantul)

Gudeg.net- Kabupaten Bantul akan dikembangkan menjadi salah satu kabupaten kreatif yang ada di DIY. Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul membentuk Komite Ekonomi Kreatif (KEK).

Pembentukan komite ini, para pelaku ekonomi kreatif dapat bekerja sama dengan KEK untuk mengembangkan produk yang dihasilkan.

"Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Bantul ini bertugas untuk mengkolaborasikan potensi-potensi dan kekuatan ekonomi kreatif yang ada di Bantul agar bisa saling bekerja sama," ujar Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam keterangan tertulis yang diterima Gudegnet, Selasa (14/12).

Pembentukan sekalugus pengukuhan KEK dilangsungkan di Rumah Dinas ada Senin (13/12) kemarin. Anggota KEK berasal dari berbagai perwakilan elemen industri kreatif di Bantul, mulai dari pelaku usaha batik, komunitas, akademisi, media, lembaga keuangan, pemerintah, dan elemen ekonomi lainnya.

Abdul menjelaskan, dengan adanya komite ini, para pelaku kreatif memiliki wadah untuk berkembang demi peningkatan kesejahteraan.

“Tata kelola program inovasi pengembangan ekonomi kreatif nantinya dapat menciptakan ekosistem ekonomi kreatif yang berkesinambungan di depannya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, dampak dari pandemi Covid-19 telah menyebabkan kelumpuhan di berbagai sektor, untuk itu dibutuhan langkah untuk dapat meningkatkan kembali sektor yang terpuruk.

Kerja sama KEK dengan para pelaku ekonomi kreatif ini diharpakna dapat membawa Kabupaten Bantul kepada level yang lebih tinggi yaitu menjadi Kota Kreatif Dunia di bidang kriya.

Ia mengungkapkan, seni kriya merupakan keunggulan Kabupaten Bantul yang secara objektif mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain membentuk KEK, Pemkab Bantul juga berkolaborasi dengan Jogja Creative Society (JCS) dan Indonesia Creative Cities Network (ICCN).

“Karenanya saya membutuhkan juga bantuan dari JCS dan ICCN dalam kolaborasi meningkatkan potensi ekonomi di Bantul,” kata dia.

Koloborasi tiga elemen tersebut akan dijadikan juga sebagai wadah untuk mempromosikan produk-produk para pelaku ekonomi kreatif Kabuptaen Bantul.

“Kerja sama ini akan memberikan pengaruh positif bagi kebangkitan UMKM di tengah pandemi dengan program inovasi terbaru dan dapat membuka pasar baru,”  harapnya.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini