Seni & Budaya

Festival Film Pelajar Jogja 2022 Libatkan Pelajar dari 26 Kota/Kabupaten

Oleh : Moh. Jauhar al-Hakimi / Senin, 05 Desember 2022 08:34
Festival Film Pelajar Jogja 2022 Libatkan Pelajar dari 26 Kota/Kabupaten
Poster FFPJ

Gudeg.net – Sebanyak 67 film pendek karya pelajar dari 26 kota/kabupaten di Indonesia akan dipresentasikan dalam Festival Film Pelajar Jogja (FFPJ) 2022. Festival film yang telah terselenggara untuk ketigabelas kalinya ini akan berlangsung secara luring di Pondok Pemuda Ambarbinangun, Padukuhan Kalipakis, Tirtonirmolo, Kasihan-Bantul, 10-11 Desember 2022.

Melalui rilis yang diterima Gudeg.net Sabtu (3/12) siang, Direktur FFPJ Okta Pinanjaya menjelaskan bahwa penyelenggaraan kali ini para partisipan diajak untuk menerjemahkan tema Hamemayu Hayuning Bawana kedalam karya film mereka

“Hamemayu Hayuning Bawana merupakan falsafah hidup yang sesuai untuk mengisi masa endemi. Salah satu falsafah hidup masyarakat Jawa ini dapat dimaknai sebagai upaya memperindah keindahan dunia yang sudah diberikan Tuhan. Setelah diri sendiri bisa dikelola, langkah selanjutnya dapat diperluas ke lingkungan yang lebih besar. Aktivitas kebaikan penting untuk terus dilakukan secara arif, bijaksana, dan toleran agar tercipta kedamaian, ketenteraman, dan harmoni dalam kehidupan sehari-hari,” papar Okta Pinanjaya dalam rilisnya.

Okta menambahkan karya-karya yang berpartisipasi dalam FFPJ 2022 terdiri dari fiksi, dokumenter dan eksperimental. Hal ini sesuai dengan kerangka acuan program yang disiapkan panitia jauh hari sebelumnya.

Karya film-film pendek tersebut berasal dari sekolah dan komunitas pelajar yang berdomisili di Padang Sumatera Barat, Bandar Lampung, Pagelaran Lampung, Banten, DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Depok, Bekasi, Garut, Kuningan, Pekalongan, Kebumen, Banjarnegara, Sukoharjo, Klaten, Pati, Cilacap, Sidoarjo, Batu, Ponorogo, Bojonegoro, Pasuruan, Magetan, Bantul, dan Yogyakarta.

Rangkaian acara FFPJ 2022 meliputi pemutaran film keliling dilakukan 28 November – 8 Desember 2022 di sekolah-sekolah yang masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sementara pada 10-11 Desember 2022 berupa acara Pemutaran Film Terpilih, Kelas Hamemayu Pendidikan Seni Film, Pertunjukan Seni, Temu Komunitas Film Pelajar Indonesia, Forum Pendidik Film Indonesia, Sarasehan Hamemayu Cipta Rasa Karya dalam Film, Kelas Hamemayu Literasi Digital, serta Penganugerahan Karya.

“Acara yang ditunggu-tunggu di FFPJ selama ini biasanya Temu Komunitas Film Pelajar Indonesia. Tahun ini yang sudah konfirmasi hadir adalah sahabat-sahabat pelajar dari Lampung, Jakarta, Bandung, Kuningan, Garut, Depok, Banjarnegara, Kebumen, Magetan, Ponorogo, Batu, dan Yogyakarta. Tapi jika mendadak ada yang hadir dari wilayah lainnya tetap kami terima. Bagaimanapun kegiatan luring di FFPJ lebih disukai sahabat-sahabat pelajar dan dianggap lebih menyenangkan dari daring yang dilaksanakan dua tahun terakhir.” pungkas Okta.

Informasi seputar FPPJ 2022 bisa diakses pada laman https://www.filmpelajar.com/ serta akun instagram : @ffpjogja


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini