Seni & Budaya

Mampir Sejenak ke Kampung Pecinan

Oleh : Dude / Senin, 00 0000 00:00
Mampir Sejenak ke Kampung Pecinan

Pekan Budaya Tionghoa IV-2009 YogyakartaSebuah gapura dengan warna dominan merah berdiri dengan kokohnya di pintu masuk kampung Pecinan, Ketandan Yogyakarta. Beberapa lampion, hiasan naga, dan tulisan dengan huruf China juga terlihat menghiasi gapura kampung yang terletak di sisi selatan kawasan Malioboro itu.

Memasuki kampung Ketandan, nuansa merah khas Imlek akan semakin terasa. Sekitar 60 stand telah menanti Anda dengan berbagai macam produk dagangan atau sekadar memamerkan pernik dan barang yang berhubungan dengan masyarakat Tionghoa di Tahun Baru China. Makanan dan kue khas china seperti cap cay, fuyung hay dan kue keranjang hingga peramal dapat dijumpai di sini.

Puluhan muda-mudi Tionghoa juga terlihat mengenakan pakaian tradisi mereka yang juga didominasi oleh warna merah. Beberapa di antaranya sedang mengikuti kontes menyanyi dan pidato dengan bahasa mandarin yang digelar untuk memeriahkan Pekan Budaya Tionghoa tahun ini.

Pada pembukaan Pekan Budaya Tionghoa (PBT) 2009 yang diresmikan oleh Ngarso Dalem Sri Sultan HB X dan Walikota Herry Zudianto, Kamis (05/02/09), terlihat antuasias masyarakat yang hadir untuk menyaksikan meriahnya berbagai kegiatan yang ada pada Pekan Budaya Tionghoa yang digelar keempat kalinya ini.

Atraksi wajib barongsai dan naga, aksi wushu, serta pameran dan pertunjukan wayang poo tay hee menjadi sajian tak terlewatkan bagi pengunjung yang mengunjungi kampung Pecinan Ketandan. Sajian budaya Tionghoa sekali dalam setahun ini tak pelak mampu menjadi ajang wisata budaya bagi warga masyarakat non Tionghoa di yogyakarta.    

Dengan tema "Ragam Budaya Rakyat", bazar PBT tidak haram untuk diikuti oleh warga non Tionghoa. Sejumlah penyewa stand yang bukan berasal dari masyarakat Tionghoa pun diberikan kesempatan untuk menggelar produknya. Lomba karaoke dan pidato dalam bahasa Mandarin pun diperuntukkan bagi masyarakat umum, bukannya khusus bagi masyarakat Tionghoa saja.

Budaya Tionghoa, tak lagi dipungkiri merupakan bagian tak terpisahkan dari budaya nasional yang berperan sebagai pemerkaya khasanah ragam budaya Indonesia yang adiluhung.

Selamat Tahun Baru Imlek 2650, Gong Xi Fa Cay...

0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini