Tips Hari Ini

Tips Jitu Negosiasi Bagi Pebisnis

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Negosiasi merupakan kemampuan komunikasi yang perlu terus diasah. Bagi pebisnis, hal ini sangat penting, terutama agar terjadi kesepakatan yang menguntungkan pihak-pihak yang terlibat. Tahu apa yang diinginkan menjadi fondasi kuat agar negosiasi sukes. Selebihnya, ikuti terus tips hari ini dari www.gudeg.net.

Persiapan matang
Sebelum bernegosiasi ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan baik. Cobalah untuk melakukan simulasi dan membayangkan pertanyaan yang akan muncul. Persiapkan juga jawaban yang singkat, padat serta logis.

Ambil jeda
Tak ada salahnya Anda minta ijin ke kamar kecil saat negosiasi. Gunakan saat itu untuk menenangkan diri sambil mengumpulkan kembali energi. Terlalu cepat merespon pertanyaan atau panik atas sanggahan yang diberikan oleh pihak lain bisa membuat Anda kehilangan momen penting untuk menjelaskan lebih detail.

Sabar dan rendah hati
Mungkin suatu hari Anda akan bertemu dengan orang-orang yang suka menekan dan membuat negosiasi menjadi semacam "neraka kecil". Jika iya, itulah saat yang tepat untuk belajar menjadi lebih sabar dan rendah hati. Dan jika pada akhirnya keinginan Anda tak berhasil diwujudkan lewat negosiasi, busungkan dada dan berjalanlah ke luar ruangan dengan senyum mengembang.

Meminta lebih
Pernahkah Anda melihat proses tawar menawar di pasar pagi? Hal yang menarik ialah ketika pembeli menginginkan harga murah dan penjual seakan-akan ikhlas melepas dagangannya begitu saja. Faktanya pedagang itu sudah menaikkan harga terlebih dulu. Begitu juga dengan negosiasi. Mintalah sesuatu yang lebih kepada pihak lain. Percayalah, mereka akan menurunkan dan di saat itulah terjadi kesepakatan.

Tahan
Negosiasi tak selamanya identik dengan usaha keras, progresif dan saling menekan. Kadang-kadang Anda perlu menunda keputusan untuk berpikir sejenak. Agendakan ulang untuk negosiasi jika opsi yang disarankan merugikan Anda. Yang terpenting ialah tetap rasional dalam menjelaskan dan memperlakukan orang lain dengan sopan. 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Handayani FM

    Handayani FM

    Handayani FM



    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini