Tips Hari Ini

Tips Mengajari Anak Buang Air

Oleh : Thia Destiani / Jumat, 07 Agustus 2015 02:49

Pertanyaan

Selamat pagi,

Bisa jadi persoalan saya juga dialami ibu-ibu lainnya. Terutama mereka yang bekerja dan tidak bisa di rumah terus menerus karena satu dan lain hal. Salah satunya adalah masalah mengajari anak menggunakan kamar kecil secara benar. Jujur, ini susah-susah gampang. Dari 10 kali mengajari, saya gagal mengarahkan si kecil sebanyak 9 kali.

Banyak yang menyarankan sebaiknya anak diberi hukuman kalau pipis di sembarang tempat. Namun, juga dikado kalau bisa buang air kecil pada tempatnya. Anak saya umurnya 3 tahun. Dia juga sudah bisa menjawab dan memberi alasan macam-macam. Saya sendiri salah karena jarang mendampingi dan lebih percaya pada pengasuh.

Apa yang sebaiknya saya lakukan? Adakah cara-cara yang lebih mendidik ketimbang hanya memberi hukuman?

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Salam,

 

Martha Wijayanti, Banguntapan, Bantul

Jawaban
 

Selamat pagi Ibu Martha,

Mendidik anak-anak untuk secara teratur buang air kecil di kamar mandi agaknya dirasakan gampang gampang sulit oleh para ibu. Karena kegiatan yang satu ini harus dilakukan secara teratur dan berkelanjutan.

Beberapa tips sederhana dari Aisha semoga dapat membantu:

Biasanya anak sudah merasa siap untuk diajarkan buang air kecil pada usia kurang lebih satu tahun. Namun demikian, proses pembelajaran terhadap anak ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebenarnya saat ini ada alat yang bisa kita gunakan untuk proses melatih anak buang air kecil. Alatnya berupa kursi yang disebut toilet training, namun Sahabat harus konsisten ya ketika mengajarkannya, alat ini baru bisa digunakan setelah anak dirasa cukup siap. Indikasi kesiapan toilet training kebanyakan anak menunjukkan isyarat khas saat mereka siap melakukan latihan toilet training orang tua harus membaca isyarat dan bertindak tepat.

Kalau tidak menggunakan toilet training, Sahabat bisa menggunakan cara lain, misalnya dengan mengajak anak untuk pergi ke toilet pada jangka waktu tertentu. Intinya membiasakan anak untuk pergi ke toilet ketika mereka hendak buang air, baik kecil maupun besar. Misalnya pagi hari setelah bangun tidur, setelah makan, dan sebelum tidur pada malam hari. Meskipun secara teratur telah diajarkan, biasanya balita masih sulit untuk mengontrol buang air kecil mereka, sehingga Sahabat harus tetap sabar dan tidak lelah mengajari si kecil untuk tertib ketika akan buang air.

Yang tidak kalah penting, berikan pujian kepada anak ketika mereka bisa mengontrol kebiasaan buang air sembarangan atau mengompol. Jangan memarahi anak ketika anak masih buang air di celana, sehingga membuat anak merasa tertekan. sebaliknya berikan pujian ketika anak bisa mengontrol kebiasaan mereka untuk buang air di celana.

Sekian. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Aisha Parenting

www.aishaparenting.com

@twit_aisha

"We strive to engage mindful parents to develop good reading and eating habits, as well as to stimulate creativity at home"

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini