Tips Hari Ini

Cara Mengajari Anak Menggosok Gigi

Oleh : albertus indratno / Jumat, 07 Agustus 2015 02:22



Pertanyaan

Selamat pagi rekan berbagi AISHA,

Terima kasih ya sudah mau menjadi sahabat bagi para  orang tua. Rubrik ini berguna sebagai panduan.  Seperti yang banyak diketahui, sebagai orang tua kesulitan terbesarnya ialah tidak ada kuliah khusus jadi orang tua.  Semuanya bisa karena terbiasa. Sempurna akibat mencoba.

Kami memiliki anak usia 2 tahun. Saat ini saya sedang giat-giatnya mengajari dia gosok gigi. Rasanya susah banget. Bukannya sikatnya buat membersihkan gigi, justru diemut sampai odolnya habis. Banyak cara sudah dicoba. Tapi masih saja gagal.

Bagaimana ya caranya mengajari anak menggosok gigi? Adakah metode yang fun dan membuat anak mau membersihkan gigi? Mohon penjelasannya ya rekan-rekan AISHA.

Matur nuwun.

 

 

Amelia, tinggal di Papringan
Jawaban

Selamat pagi bu Amelia. Tentu sebagai orang tua, usaha yang dilakukan harus terus dilanjutkan. Jangan menyerah ya untuk mengajari si kecil agar ia semakin terampil. Salah satunya untuk urusan menggosok gigi.

Nah, seperti diketahui bahwa menggosok gigi merupakan kebiasaan wajib yang sangat dibutuhkan siapa saja. Baik orang dewasa maupun anak-anak. Maka dari itu harus dibiasakan sejak dini. Namun, pada kenyataannya memang sulit menanamkan kebiasaan tersebut khususnya bagi anak-anak.

Meski sulit bukan berarti tidak bisa lho. Ada tipsnya. Nah, ini dia ;

  1. Menggosok gigi di depan cermin

    Ajaklah si buah hati belajar menyikat gigi di depan cermin. Pasanglah cermin di kamar mandi atau di tempat menggosok gigi. Selain memudahkan dalam memberikan contoh gerakan menggosok gigi, anak-anak juga akan senang jika melihat aktifitasnya sendiri.
     
  2.  Bermain

    Kita bisa bermain sambil menggosok gigi. Misalnya kita bisa bermain peran, bernyanyi, atau bermain sungai salju. Kita bisa mengajak sang buah hati  menyanyi di depan cermin menggunakan sikat gigi sebagai mic-nya. Saat menyanyi beri jeda untuk menyikat gigi, setelah berkumur lanjutkan lagi kegiatan menyanyi di depan cermin seolah-olah sedang konser. Tirukan gaya penyanyi idola putra putri anda, pasti anak akan senang.
     
  3. Ceritakan kisah gigi

    Anda bisa menceritakan dongeng tentang gigi yang bisa kita buat sendiri. Kisahkan kehidupan gigi yang sehat dan gigi yang tak terawat. Kita juga bisa menggambarkan perasaan sebuah gigi yang sangat senang jika dia dibersihkan, dan akan sedih dan sakit jika tidak dibersihkan. Bawalah anak agar merasa sayang pada giginya dan tidak akan membirkan giginya sedih dan sakit.
     
  4. Pilih peralatan gosok gigi yang unik / lucu

    Saat ini sudah banyak dijual sikat gigi dengan bentuk dan gambar yang lucu atau menggambarkan tokoh idola mereka seperti superhero, Barbie, atau kartun kesukaan mereka. Biarkan mereka memilih sikat yang mereka suka agar anak semangat menggosok gigi.
     
  5. Pajang tulisan / gambar yang mengingatkan untuk menggosok gigi

    Bunda bisa memasang gambar yang mengingatkan anak untuk menggosok gigi. Kita bisa memasang gambar orang / tokoh kartun yang sudah menggosok gigi, atau gambar gigi yang tersenyum saat digosok, atau jika anak sudah bisa membaca, pajanglah tulisan yang mengingatkan menggosok gigi seperti “sudahkah kamu menggosok gigi?” atau “gosok gigi setelah makan”, “ayo gosok gigi sebelum tidur”
     
  6. Beri hadiah / pujian

    Pada dasarnya anak senang dipuji apalagi disertai hadiah. Sesekali pujilah mereka setelah menggosok gigi agar mereka merasa senang dan ingin melakukannya lagi. Atau bisa juga gunakan hadiah sebagai motivasi agar mereka rajin menggosok gigi. “Kalau adek pinter dan rajin menggosok gigi, nanti gigi adek pasti sehat, putuh, adek tambah cantik/ganteng, banyak temannya, nanti bunda akan kasih hadiah buat anak bunda yang rajin menggosok gigi”

Yang paling utama ajak mereka memahami betapa pentingnya gosok gigi dan berilah mereka gambaran-gambaran jika tidak menggosok gigi (memang sedikit menakut-nakuti) namun ini penting untuk diketahui anak jika tidak menggosok gigi maka giginya akan kotor dan bisa sakit.

Selain itu, kunci untuk mengajarkan suatu kebiasaan seperti menggosok gigi adalah “sabar dan telaten”. Semoga ibu bisa telaten mencoba cara-cara diatas agar sang buah hati menjadi rajin dan senang menggosok gigi. Terima kasih.

Semoga bermanfaat


Salam

 


Aisha Parenting

www.aishaparenting.com

@twit_aisha

"We strive to engage mindful parents to develop good reading and eating habits, as well as to stimulate creativity at home"

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini