Sosial Ekonomi

Akhirnya #MbahTo Pulang Kampung

Oleh : Budi W / Senin, 00 0000 00:00
Akhirnya #MbahTo Pulang Kampung



Mbah To (Nama Asli Mbah Giso yang sedang berpamitan dengan Tim Sedekah Rombongan saat akan pulang ke Magetan, Jawa Timur)

Tidak ada biaya untuk acara kenduri dan selamatan saudara yang meninggal, Mbah Giso (78 tahun) nekat naik truk ke Jogja mencari barang rongsokan. Sedari pagi berada di Rumah Singgah Sedekah Rombongan, Jalan Wonosari km 7, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Mbah Giso nampak resah.

"Berada dirumah ini rasanya tidak nyaman, biasanya cuma tidur diatas tikar kok sekarang tidur dikasur empuk, lantai yang bersih, membuat saya merasa aneh", jelasnya saat berbincang - bincang dengan Tim Gudegnet.

Ia resah karena takut dibawa ke kantor Satpol PP, "Ini saya tidak ditangkap kemudian dibawa ke kantor Satpol PP kan", tukasnya dalam bahasa Jawa ngoko.

Hari minggu (29/03), bertempat di rumahnya, Gorang Gareng, Kecamatan Nguntoronadi, Kab. Magetan akan segera dilaksanakan acara kenduri. Jika tidak segera dipulangkan, bahan makanan seperti beras, kentang dan lain - lain akan membusuk. "Ya saya ke Jogja ini karena ingin memenuhi kebutuhan tersebut", tambahnya.

Beredar kabar sebelumnya bahwa Mbah Giso sudah ada di Jogja selama 10 tahun, naik sepeda dari Magetan menuju Jogja. Namun setelah Tim Gudegnet menggali infomasi dari Mbah Giso ternyata salah. Ia pergi ke Jogja baru sekitar 3 bulan dan tidak benar bila ada pemberitaan yang mengatakan jika istrinya sakit.

"Istri saya tidak sakit, hanya kalau tidak ada barang kebutuhan pokok yang membuat kami pusing kepala", terangnya.

Selama di Jogja, Mbah Giso yang di sosial media disebut Mbah To ini mencari barang rongsokan untuk kemudian di jual. Jika ia mencari di daerah dekat rumahnya, ia merasa malu. Ia lebih nyaman ada di Jogja karena disamping tidak ada yang mengenalnya, ia juga menaruh kekaguman tersendiri dengan orang Jogja yang bersifat rendah hati.

"Kalau orang sini tidak seperti orang didaerah saya, mereka lebih ramah, kalau dijalan, saya sering ditawari makanan, dicarikan tempat untuk beristirahat, orangnya baik - baik", tambahnya.

Koordinator pemulangan Mbah Giso, Imam Nur Huda dari Sedekah Rombongan (SR) Yogyakarta siang ini mengatakan, Mbah Giso yang hidup terlunta - lunta di Kota Gudeg karena permasalahan ekonomi. "Ia ingin mandiri karena setiap hari hanya dikasi makan oleh tetangga, disitu beliau merasa malu dan akhirnya memutuskan ke Jogja", tambahnya.

Hingga saat ini, Tim SR sedang memulangkan Mbah Giso menuju tempat asalnya. Langkah yang dilakukan oleh SR saat ini yakni melakukan pemberian bantuan tunai serta memasrahkan upaya monitoring bekerjasama dengan rekan - rekan SR Magetan. Dalam upaya mencari kebenaran informasi mengenai berita terhadap istri Mbah Giso yang sakit, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kurir SR Magetan untuk dilakukan survei.

"Jika benar informasi tersebut. maka kami akan siap mendampingi upaya pengobatan", katanya.

Ada secercah harapan yang ingin Mbah Giso capai diusianya yang sudah senja itu. Jika oleh keluarga tidak diperkenankan kembali ke Jogja, ia ingin tetap mandiri tidak ingin bergantung pada orang lain, "Kalau Gusti Allah mengabulkan, saya ingin membuat warung untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari", ungkapnya.

Imam pun berpesan dari adanya peristiwa ini, kita semua dapat belajar dari kisah Mbah Giso, "Semoga kepedulian kita terus berlanjut ke orang - orang disekitar yang sedang membutuhkan", tutupnya.

Sebagai informasi, bagi pembaca Gudegnet yang ingin mendonasikan dana, dapat turut ikut serta membantu Mbah Giso dan juga yang lainnya ke nomor rekening BCA: 846-55-23456, rekening Mandiri: 137-00-111-00-118 atas nama Sedekah Rombongan atau bisa klik di sedekahrombongan.com/ @SRbergerak.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM



    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini