Tips Hari Ini

Tips Memilih HP Android Low End Berkualitas

Oleh : Thia Destiani / Jumat, 03 Juli 2015 03:01

 

Telepon seluler atau handphone (HP) seakan menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar kalangan. Fungsi sebagai alat komunikasi bukan lagi satu-satunya alasan orang membeli HP. Jaman sekarang HP dituntut untuk “pintar ini-itu”, itulah sebabnya telepon seluler dengan kemampuan extra disebut dengan smartphone.

Anda mungkin salah satu yang mendambakan smartphone dengan kemampuan mumpuni. Namun, lagi-lagi Anda dihadapkan dengan keterbatasan dana. Solusinya adalah dengan memilih smartphone Android kategori Low End. Walaupun harga HP low end relatif terjangkau, bukan berarti Anda akan mendapatkan kualitas yang buruk. Sekarang telah banyak dijual HP Android low end dengan harga terjangkau namun kualitasnya sangat baik. Namun, agar tidak salah pilih, ada beberapa komponen HP Android yang harus Anda perhatikan, simak penjelasan di bawah ini.

RAM

RAM atau Random Access Memory memiliki peran penting dalam sebuah smartphone Android. Fungsinya  untuk mengatur keseimbangan berbagai perangkat saat ponsel anda sedang mengoperasikan multitasking. Sederhananya, dengan RAM yang baik maka saat anda mengoperasikan beberapa aplikasi android, maka akan lancar dan tidak tersendat. Smartphone Android yang baik memiliki RAM minimal 1GB.

Prosesor

Masih banyak orang membeli smartphone yang mengabaikan akan kinerja prosesor, padahal prosesor ini bagian terpenting dari sebuah perangkat smartphone yang merupakan otak dari ponsel tersebut. Kecepatan mengolah data pada HP Android sangat ditentukan oleh prosesor. Semakin cepat processor yang digunakan, maka semakin responsif dalam menjalankan berbagai aplikasi.

Perlu diketahui kecepatan kerja ini berbanding lurus dengan penggunaan daya listrik, yang berarti makin tinggi kecepatan makin boros pemakaian daya listriknya, makin cepat habis isi baterainya. Jika Anda bukan pengguna yang terlalu tergantung pada kecepatan kerja aplikasi yang tertanam pada Android Anda, sebaiknya memilih prosesor dengan kecepatan 850 Mhz atau kurang. Namun bila anda membutuhkan kecepatan kerja dari aplikasi yang tertanam pada Android Anda, maka sebaiknya Anda pilih prosesor dengan kecepatan 1 Ghz (=1000 Mhz) atau lebih.

Baterai

Smartphone yang baik tentu saja memiliki daya tahan standby yang lama. Anda pasti tidak menginginkan saat sedang asyik menjalankan ponsel Anda tiba-tiba merasa baterai handphone cepat habis. Apalagi saat sedang online yang menyedot banyak daya. Sebaiknya pilih smartphone dengan baterai dengan daya besar, minimal 2000mAh atau lebih.

Jaringan dan Konektifitas

Salah satu fungsi smartphone adalah memudahkan anda dalam melakukan aktifitas internet. Maka sudah pasti smartphone haruslah mendukung jaringan terbaik untuk internet, yakni minimal jaringan 3G atau HSDPA, apalagi kalau mendukung jaringan LTE. Selain itu, konektifitas seperti Wi-Fi, Bluetooth, USBport juga harus sudah tersedia.

Teknologi Layar

Ada baiknya anda memilih layar yang sudah mendukung teknologi IPS (In-Plane Switching) agar lebih responsif saat anda memberikan perintah sentuhan serta menghasilkan gambar dengan warna yang tajam. Untuk tambahan, anda juga dapat memilih ponsel android dengan layar yang sudah dilengkapi lapisan kaca anti gores seperti Gorilla Glass, Dragontrail, dan sebagainya. Namun biasanya ponsel dengan teknologi layar anti gores memiliki harga yang relatif mahal.

Pilihah ponsel android dengan teknologi layar capacitive touchscreen & mendukung fitur multi-touch, Agar anda semakin nyaman untuk mengoperasikan ponsel melalui sentuhan bahkan dari sarung tangan sekalipun.

Memori

Untuk hal ini, sangat disarankan agar anda memilih ponsel dengan kapasitas memori internal yang besar, kurang lebih diatas 1 GB.

Kualitas Kamera

Apalah arti smartphone tanpa dilengkapi kamera. Anda pasti akan jenuh sekali karena tidak bisa ber-selfie-ria dan meng-upload-nya di jejaring sosial kesayangan anda. Sebaiknya pilih smartphone Android yang memiliki kamera belakang (utama) minimal 5MP. Terkadang kualitas hasil gambar dengan ukuran kamera yang sama bisa berbeda, oleh karena itu kamera minimal 5MP menjadi hal yang wajib untuk smartphone anda.

Bagi sebagian orang, fitur ini sangat penting. Namun, akan lebih baik Anda menyesuaikan dengan kebutuhan. Apabila Anda hobi fotografi, mengambil gambar dan lainnya, pilih ponsel android dengan tipikal kamera yang baik, dilengkapi dengan auto-focus, filter dan piksel yang besar. Dual kamera (depan dan belakang) juga dapat menjadi pilihan untuk  anda yang gemar selfie.

Semoga tips dari Gudegnet ini bermanfaat untuk Anda dan selamat berburu HP.

(Foto: androidheadlines.com)

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini