Tips Hari Ini

Tutorial Webhosting, Domain, dan CPanel: Istilah-istilah dalam Web Hosting (Bagian II)

Oleh : Admin / Kamis, 02 Juli 2015 02:51

POP

Singkatan dari Post Office Protocol. Protokol standar yang dipergunakan untuk mengambil atau membaca email dari sebuah server. Protokol POP yang terakhir dan paling populer digunakan adalah POPS. Protokol lain yang juga sering digunakan adalah IMAP. Adapun untuk mengirim email ke sebuah server digunakan protokol SMTP.

POP3

Singkatan dari Post Office Protocol, POP3 adalah lapisan aplikasi Internet protokol standar. Hal ini digunakan untuk mengambil mail dari server jauh.

IMAP

Singkatan dari Internet Message Access Protocol, merupakan istilah Internet Protokol standar yang digunakan untuk pengambilan email.

Spamming

Jenis Cyber crime dengan melakukan pengiriman berita atau iklan melalui surat elektronik (e-mail) yang tak diinginkan. Spam disebut juga dengan bulk email atau junk e-mail atau “sampah”.

Mail Server

Hal ini juga dapat disebut Mail Transfer Agent (MTA) bertanggung jawab untuk menerima email yang masuk dari pengguna lokal dan forwarding mail keluar untuk pengiriman.  Sebuah aplikasi mail server merupakan inti dari sebuah sistem pesan yang melakukan semua fungsi untuk menjaga mail bergerak melalui jaringan.

IP address

Identifikasi numerik pada alamat dasar dari sebuah komputer ketika berada pada bagian jaringan komputer. Dengan pelabelan numerik yang dialokasikan untuk setiap komputer, pengalokasian komputer atau penggguna lebih mudah.

HTTP

Komunikasi protokol yang memfasilitasi transfer informasi ke Internet. HTTP adalah protokol request-response (permintaan dan tanggapan) antara klien dan server.  Klien adalah  web pengguna atau web browser, sedangkan server adalah pemberi tanggapan dengan menyimpan atau mengambil sumber daya yang diminta dengan menghubungkan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, selanjutnya membentuk World Wide Web.

HTTPS

Singkatan dari Secure Hypertext Transfer Protocol, Sistem yang didesain oleh Netscape Communications untuk membuat komunikasi yang tersamar dan secara luas digunakan pada World Wide Web untuk komunikasi yang sensitif seperti transaksi pembayaran dan tanda pengenal perusahaan untuk membuat komunikasi yang tersamar.

SSL

SSL adalah kependekan dari Secure Socket Layer merupakan protokol standar untuk mengenkripsi komunikasi antara pengguna dan Server. SSL menawarkan tiga tingkat keamanan, yaitu:

  1. Authentication: Memastikan bahwa data yang diterima berasal dari server yang dituju.
  2. Confidentiality: Melindungi data dari usaha pembacaan data disepanjang perjalanannya dari pengguna ke server  ataupun sebaliknya.
  3. Integrity: Memastikan bahwa data asli, tidak mengalami perubahan dalam perjalanannya dari pengguna ke server ataupun sebaliknya.

Tips ini dipersembahkan oleh:

Rizaldy Mulyanto

Citraweb Nusa Infomedia's Senior Programmer

(Foto: awcode.com)

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini