Tips Hari Ini

Tutorial Webhosting, Domain, dan CPanel: Istilah-istilah dalam Web Hosting (Bagian I)

Oleh : Admin / Kamis, 02 Juli 2015 03:33

Dalam webhosting ada beberapa istilah yang sebaiknya Anda tahu. Simak penjelasannya di berikut ini.

Domain

Sebuah halaman website di internet dikenali dengan sederetan angka yang disebut IP Address. Tapi untuk lebih memudahkan mengenali IP Address, maka dibuatlah sebuah nama pengganti dalam bentuk huruf agar lebih mudah diingat dari pada deretan angka. Nama “pengganti” inilah yang disebut dengan Nama Domain. Contoh: domainkamu.id, google.com, dll

Subdomain

Fungsinya sama dengan domain, tapi subdomain lebih ke pembagian dari domain tersebut. Contoh jika Anda memiliki domain domainkamu.id maka Anda dapat membuatsubdomain anuku.domainkamu.id.

Parked Domain

Parked domain merupakan nama alias atau nama samaran dari domain Anda. Misalnya Anda punya 2 domain berbeda dengan nama domain domainsiji.com dan domainloro.com, dengan domain utama di hosting Anda adalah domainsiji.com dan Anda menambahkan parked domain domainloro.com. Ketika Anda mengakses domainsiji.com dan domainloro.com maka akan menampilkan halaman yang sama.

Addon Domain

Berbeda dengan parked domain, addon domain akan berdiri sendiri-sendiri. Misalnya Anda punya 2 domain berbeda dengan nama domain domainsiji.com dan domainloro.com, dengan domain utama di hosting Anda adalah domainsiji.com dan Anda menambahkan add domain domainloro.com, maka domainloro.com akan menampilkan halaman yang berbeda, tapi tetap berada dalam satu hosting.

Space/Kapasitas Hosting

Merupakan maksimal kapasitas tempat penyimpanfile web di server, semakin besar berarti semakin banyak file web yang dapat di simpan.

Bandwidth

Merupakan maksimal jumlah data transfer dari server ke client ataupun sebaliknya, transfer disini meliputi upload/download file dengan FTP, SFTP, Email , HTTP, dan HTTPS.

Email Address

Merupakan sebuah alamat dari surat elektronik, biasanya jika anda punya hosting sendiri anda dapat menentukan email address Anda sendiri, contoh: jika Anda memiliki domain: domainkamu.id maka dapat dibuatemail address akyu@domainkamu.id.

Name Server

Biasanya ketika Anda membeli domain, Anda akan diminta mengarahkan domain Anda ke name server pemilik hosting. Nah name server inilah yang nanti akan mencatat untuk informasi domain Anda, seperti ip server, mx server, dll.

FTP

Merupakan suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP.

SMTP

Merupakan singkatan dari Mail Transfer Protocol, SMTP adalah standar untuk transmisi surat elektronik.  Perangkat lunak surat elektronik server menggunakan SMTP untuk mengirim dan menerima pesanemail.  ESMTP, yang dikenal sebagai SMTP diperpanjang atau ditingkatkan mengacu pada ekstensi protokol dibuat untuk SMTP dan secara luas digunakan saat ini.

Nantikan lanjutan tutorial dari Citrahost hanya di Tips Hari Ini Gudegnet. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Tips ini dipersembahkan oleh:

Rizaldy Mulyanto

Citraweb Nusa Infomedia's Senior Programmer

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini