Tips Hari Ini

Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

Oleh : Thia Destiani / Kamis, 02 Juli 2015 04:22

Memliki laptop yang awet dan tidak mudah ngambek adalah dambaan setiap pemilik laptop. Namun, tidak sedikit penggunanya yang mengeluhkan kinerja laptop yang lemot atau boros baterai. Jangan buru-buru menyalahkan perangkat yang tertanam pada laptop Anda. Bisa jadi selama ini sumber kelemotan ada pada cara Anda menggunakan laptop.

Kinerja laptop yang berkurang akan sangat mengganggu produktifitas dalam mengerjakan banyak hal, terutama aktifitas yang berhubungan dengan komputer. Banyak hal yang harus Anda perhatikan agar laptop Anda tidak bermasalah. Untuk lebih lengkapnya simak tips dari Gudegnet berikut ini.

Jangan Gunakan Laptop Sampai Baterai Habis 0%

Menggunakan laptop sampai baterai benar-benar habis akan memperpendek umur baterai. Jika laptop sudah mengindikasikan baterai akan melemah, maka segeralah charge baterai laptop Anda hingga 100%. Sangat dianjurkan untuk melakukan setting laptop mati saat baterai kosong mendekati 0%, ubah setting tersebut di bagianPower Options.

Operasikan Laptop di Atas Permukaan yang Datar

Ketika laptop dalam keadaan menyala, salah satu komponen laptop yang berbentuk seperti piringan pada hard disk dalam kondisi berputar. Apalagi ketika sedang membuka aplikasi tertentu di dalam laptop, maka piringan tersebut semakin keras berputar. Jika laptop dalam keadaan posisi miring, piringan tersebut dapat tergores dengan komponen terdekatnya dari hard disk. Hal ini sangat berbahaya dan dapat membuat kerusakan total. Oleh karena itu, sangat penting jika Anda menggunakan permukaan yang datar seperti meja ketika mengoperasikan laptop.

Hindari Menggunakan Laptop di Atas Tempat Tidur

Tanpa disadari kebiasaan ini dapat merusak laptop. Hal ini dikarenakan kasur atau bahan lembut dan empuk lainnya bersifat menyerap panas, bukan membuang hawa panas. Sedangkan pada saat laptop menyala, laptop terus mengeluarkan hawa panas, sehingga panas tersebut akan diserap oleh kasur yang diatasnya terdapat Laptop. Sehingga hal ini dapat membahayakan laptop Anda.

Jangan Meletakkan Benda Berat di Atas Laptop

Walaupun laptop dalam keadaan tertutup, jika Anda meletakkan benda berat di atasnya akan membuat LCD laptop mengalami kerusakan. Sinyal tanda rusaknya LCD ditandai dengan munculnya garis-garis seperti pada televisi. Apabila LCD telah rusak kronis maka akan mati secara keseluruhan.

Rajinlah Membersihkan Laptop dari Debu dan Kotoran

Hal ini cukup sederhana, walaupun demikian sangat penting dilakukan agar laptop tetap awet. Usahakan laptop Anda tetap bersih dari debu atau kotoran, karena debu yang menempel pada laptop jika dibiarkan terus-menerus dapat menyumbat saluran pembuangan hawa yang mengakibatkan rusaknya laptop.

Jangan Mengoperasikan Laptop di Ruangan Bersuhu Panas

Suhu ruangan yang panas dapat merusak komponen laptop. Jika Anda harus menggunakan laptop pada temperatur ruangan yang panas, gunakan cooler pad atau kipas pendingin yang biasa diletakkan di bawah laptop. Hal ini akan membuat sirkulasi udara pada laptop tetap terjaga dengan baik.

Kurangi Menggunakan Layar Terlalu Terang

Mengurangi tingkat kecerahan layar akan mengurangi penggunaan daya. Hal ini dapat menghemat penggunaan baterai.

Non Aktifkan Screen Saver

Hal ini bertujuan untuk mencegah layar tidak terbakar. Screen saver mengkonsumsi daya jauh lebih tinggi karena CPU aktif dan kartu video serta layar juga digunakan. Hal ini sama dengan menonton video pada laptop.

Tutuplah Program yang Tidak Perlu

Periksa program startup dan program aktif dalam laptop Anda, serta menutup program yang tidak perlu. Program startup yang terlalu banyak akan menyebabkan baterai laptop harus bekerja keras dalam proses loading. Hal tesebut akan membutuhkan banyak memori virtual sehingga terlalu banyak menggunakan akses hard disk.

Demikian tips dari Gudegnet semoga bermanfaat bagi Anda. Nantikan tips seru dan menarik lainnya hanya di rubrik Tips Hari Ini www.gudeg.net.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Solopos 103 FM

    Solopos 103 FM

    Solopos 103 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini