Tips Hari Ini

Cara Menghemat Baterai Android

Oleh : Admin / Jumat, 03 Juli 2015 01:41

Sejak diluncurkan pertama kali oleh Google, sistem operasi Android kini makin diminati. Hal ini disebabkan, karena selain user friendly, sistem operasi ini juga memiliki performa yang mantap. Tidak heran berbagai platform produsen gadget besar dunia menggunakan sistem operasi ini pada produk mereka.

Namun berbagai keunggulan yang disematkan pada Android, ternyata banyak penggunanya yang mengeluh pada daya tahan baterai. Padahal baterai tersebut bukanlah tersangka utama ketika tiba-tiba ponsel Android kehabisan daya. Banyak faktor yang menyebabkan berkurangnya daya pada ponsel Andoid Anda. Simak tips dari Gudegnet berikut agar Android Anda tidak cepat habis baterai.

Matikan Wi-Fi dan Bluetooth

Matikan koneksi Wi-Fi saat dalam kondisi yang tidak diperlukan. Jika Wi-Fi selalu hidup, maka Android akan selalu aktif dalam mencari jaringan Wi-Fi yang akan mengakibatkan terkurasnya baterai dengan drastis. Matikan juga aplikasi bluetooth jika tidak sedang mengirim atau menerima file data, gambar, atau mp3.

Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

Kondisi layar yang sangat terang akan membuat baterai menjadi boros. Untuk itu ketika Anda membutuhkan baterai dengan daya tahan yang lama, Anda dapat mengubah tingkat kecerahan layar menjadi tidak terlalu terang atau redup.

Matikan Paket Data Internet Jika Tidak Digunakan

Mematikan paket data akan otomatis menghentikan aktifitas aplikasi dengan basis operasi data internet, seperti aplikasi socmed dan browser. Jika Anda tidak sedang dalam kebutuhan mendesak akan internet, maka matikan sementara paket data Anda dan hidupkan kembali setelah Anda mendapatkan suplai daya/listrik untuk mengisi ulang daya baterai.

Kurangi Intensitas Membuka Aplikasi Android

Jika daya baterai Anda dalam kondisi minim, maka kurangilah aktifitas membuka aplikasi dalam ponsel Anda. Hal ini akan menghemat baterai karena tidak harus menghidupkan layar yang akan megurangi daya tahan baterai.

Matikan GPS

Matikan GPS  jika tidak sedang mencari lokasi. Hal ini juga bisa mengakibatkan boros baterai karena menggunakan data internet.

Kurangi Volume dan Matikan Getar

Fitur getar pada ponsel dapat menguras baterai, sehingga sebaiknya matikan fitur getar (vibrate) dan kurangi volume untuk lebih hemat baterai.

Demikian tips dari Gudegnet, semoga bermanfaat bagi Anda.

(Foto: shutterstock)

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini