Tips Hari Ini

Tips Memanfaatkan THR Agar Berfaedah

Oleh : Thia Destiani / Rabu, 01 Juli 2015 07:18

Lebaran sebentar lagi, THR sangatlah dinanti. THR atau Tunjangan Hari Raya adalah salah satu hal yang diidam-idamkan oleh para karyawan menjelang Hari Raya. Berbagai rencana untuk berbelanja kebutuhan lebaran pasti sudah ada di benak Anda. Namun, ingat ada rambu-rambu agar THR Anda tidak menguap percuma tanpa perencanaan yang jelas. Sebelum THR Anda belanjakan untuk membeli baju baru, penuhi terlebih dahulu hal-hal berikut agar THR Anda berfaedah bagi alam semesta.

Bayar Utang dan Cicilan

Duh, lagi-lagi bayar utang, males banget ngga sih? Utang dan cicilan adalah satu pos pengeluaran yang harus Anda utamakan. Membayar utang pasti akan mengurangi jatah Anda membelanjakan uang untuk membeli kebutuhan lebaran. Namun, dengan utang atau cicilan yang sudah terbayarkan akan meringankan pengeluaran Anda pada bulan-bulan berikutnya. Belanjakan uang Anda untuk kebutuhan lebaran seperlunya setelah utang atau cicilan Anda terselesaikan.

Bayar Zakat

Manfaatkan sebaik-baiknya uang THR Anda untuk membayar zakat. Alokasikan dana sejumlah yang Anda mampu atau sesuai dengan prosentase yang dianjurkan berdasarkan perhitungan gaji Anda selama setahun. Salurkan pada badan atau amil zakat yang dapat dipertanggungjawabkan.

Siapkan Salam Tempel

Jika Anda memiliki anak atau ponakan, pasti Anda merasa perlu untuk memberi salam tempel atau angpao kepada mereka. Tidak ada kewajiban untuk hal ini, namun jika Anda ingin menyenangkan hati anak atau ponakan Anda, Anda dapat menyisihkan sejumlah dana sesuai kemampuan. Jangan memaksakan diri jika keuangan Anda tidak memadai. Beri pengertian kepada anak atau ponakan Anda, niscaya mereka akan mengerti.

Memperbaiki Rumah, Kendaraan, atau Barang-barang yang Rusak

Jika Anda memilliki perkakas rumah tangga, kendaraan, atau bagian rumah yang harus diperbaiki maka inilah saatnya untuk memanfaatkan uang THR Anda untuk memperbaikinya. Ingat manfaat jangka panjang yang dihasilkan jika barang-barang penting, rumah, atau kendaraan Anda yang rusak kondisinya kembali prima.

Menabung

Sisihkan uang THR Anda untuk ditabung. Tidak perlu ragu untuk menyisihkan uang sesuai kemampuan Anda untuk dimasukkan ke rekening tabungan Anda. Tabungan inilah yang nantinya dapat Anda andalkan jika ada kebutuhan penting di masa depan.

Tidak perlu berkecil hati jika Anda tidak dapat membelanjakan uang THR Anda untuk membeli baju atau gadget baru. Dengan mengalokasikan dana Anda pada pos-pos di atas, setidaknya Anda telah mampu menyelesaikan kebutuhan finansial yang paling krusial. Satu hal terpenting adalah Anda mampu mengalokasikan dana Anda untuk berbagi kepada sesama. Semoga rejeki Anda barokah dan selamat menyambut Hari Raya.

(Foto: infojakarta.net)

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Handayani FM

    Handayani FM

    Handayani FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini